Pengaruh Kualitas Aplikasi DIGI by Bank BJB Terhadap Kepuasan Pengguna Menggunakan Metode Webqual 4.0

Riyan Latifahul Hasanah, Farianti Djamal

Abstract


Pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi pada saat ini telah masuk ke dalam segala aspek kehidupan dan ekonomi masyarakat, salah satunya dengan perkembangan Financial Technology atau Fintech. Aplikasi DIGI by Bank BJB adalah sebuah aplikasi perbankan digital yang dikeluarkan oleh Bank BJB, dirancang untuk memudahkan nasabah melakukan berbagai transaksi perbankan secara online. Aplikasi DIGI by Bank BJB yang telah diluncurkan melalui platform mobile store perlu dikaji untuk mengetahui kepuasan pengguna terhadap aplikasi tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh kualitas aplikasi DIGI by Bank BJB terhadap kepuasan pengguna melalui dimensi Webqual 4.0 (usability quality, information quality, service interaction quality) dan variabel kepuasan pengguna (user satisfaction) berdasarkan persepsi nasabah Bank BJB KCP Millenium Tigaraksa. Metode pengumpulan data menggunakan data primer berupa kuesioner yang dibagikan kepada responden, kemudian diolah menggunakan SPSS. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan variabel usability quality dan service interaction quality berpengaruh positif dan signifikan terhadap user satisfaction, sedangkan variabel information quality tidak berpengaruh secara positif dan signifikan. Secara simultan ketiga variabel berpengaruh terhadap variabel user satisfaction sebesar 80,5%, sementara sisanya dipengaruhi oleh variabel lain.


Keywords


Analisis Kualitas; Kepuasan Pengguna; DIGI by Bank BJB; Webqual 4.0; Aplikasi Mobile

References


M. D. Abadi, E. H. Lailiyah, and E. D. Kartikasari, “Analisis SWOT Fintech Syariah Dalam Menciptakan Keuangan Inklusif di Indonesia (Studi Kasus 3 Bank Syariah di Lamongan),” Jesya (Jurnal Ekon. Ekon. Syariah), vol. 4, no. 1, pp. 178–188, 2021, doi: 10.36778/jesya.v4i1.298.

R. Nafiah and A. Faih, “Analisis Transaksi Financial Technology (Fintech) Syariah dalam Perspektif Maqashid Syariah,” IQTISHADIA J. Ekon. Perbank. Syariah, vol. 6, no. 2, pp. 167–175, 2019, doi: 10.19105/iqtishadia.v6i2.2479.

A. Sudradjat, S. Selviana, and W. Widiati, “Metode Webqual 4.0 Untuk Mengukur Kualitas Website Quick Online Booking PT. Pos Indonesia,” Inf. Syst. Educ. Prof., vol. 5, no. 1, pp. 21–30, 2020, doi: 10.51211/isbi.v5i1.1391.

L. Setiyani, J. Wagiar, and E. Tjandra, “Analisis Kualitas Sistem Aplikasi Dapodik Pada Koordinator Wilayah Bidang Pendidikan Kecamatan Kutawaluya Menggunakan Model Webqual 4.0,” J. Interkom J. Publ. Ilm. Bid. Teknol. Inf. dan Komun., vol. 15, no. 2, pp. 12–20, 2020, doi: 10.35969/interkom.v15i2.68.

M. Kharisma and S. Anggraeni, “Pengaruh Kualitas Layanan BJB Net Terhadap Kepuasan Nasabah Bank BJB Rasuna Said Menggunakan Metode Webqual 4.0,” J. TECHNO Nusa Mandiri, vol. 15, no. 1, pp. 13–18, 2018, [Online]. Available: https://ejournal.nusamandiri.ac.id/index.php/techno/article/view/52.

A. Faza and A. P. Utomo, “Analisa Kualitas Layanan Website PT. Masusskita United Menggunakan Metode Webqual,” J. Tekno Kompak, vol. 15, no. 2, pp. 88–99, 2021, doi: 10.33365/jtk.v15i2.1155.

R. R. Marliana, “Partial Least Square-Structural Equation Modeling Pada Hubungan Antara Tingkat Kepuasan Mahasiswa Dan Kualitas Google Classroom Berdasarkan Metode Webqual 4.0,” J. Mat. Stat. dan Komputasi, vol. 16, no. 2, p. 174, 2020, doi: 10.20956/jmsk.v16i2.7851.

A. Sutrisno and F. S. Nugraha, “Analisa Kualitas Website Yonyou U8 pada PT. Sany Perkasa Jakarta Menggunakan Webqual 4.0,” J. Jar. Sist. Inf. Robot., vol. 7, no. 2, pp. 192–201, 2023, [Online]. Available: http://ojsamik.amikmitragama.ac.id/index.php/js/article/view/266.

I. Purwandani and N. O. Syamsiah, “Analisis Kualitas Website Menggunakan Metode Webqual 4.0 Studi Kasus: MyBest E-learning System UBSI,” J. Sist. dan Teknol. Inf., vol. 9, no. 3, pp. 300–306, 2021, doi: 10.26418/justin.v9i3.47129.

D. A. Martadala, Neneng, E. R. Susanto, and I. Ahmad, “Model Desa Cerdas Dalam Pelayanan Administrasi (Studi Kasus: Desa Kotabaru Barat Kecamatan Martapura Kabupaten Oku Timur),” J. Teknol. dan Sist. Inf., vol. 2, no. 2, pp. 40–51, 2021, [Online]. Available: http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/sisteminformasi/article/view/1004.

Sugiono, Noerdjanah, and A. Wahyu, “Uji Validitas dan Reliabilitas Alat Ukur SG Posture Evaluation,” J. Keterapian Fis., vol. 5, no. 1, pp. 55–61, 2020, doi: 10.37341/jkf.v5i1.167.

M. K. Situmorang, “Pengaruh Perilaku Konsumen Terhadap Penggunaan Uang Elektronik (Dompet Digital) Sebagai alat Pembayaran pada Masa Pandemi Covid – 19 di Kota Medan,” Maneggio J. Ilm. Magister Manaj., vol. 4, no. 1, pp. 123–130, 2021, [Online]. Available: https://jurnal.umsu.ac.id/index.php/MANEGGIO/article/view/6646.

M. M. Sanaky, L. M. Saleh, and H. D. Titaley, “Analisis Faktor-Faktor Keterlambatan Pada Proyek Pembangunan Gedung Asrama Man 1 Tulehu Maluku Tengah,” J. Simetrik, vol. 11, no. 1, pp. 432–439, 2021, doi: 10.31959/js.v11i1.615.

N. Nanincova, “Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Noach Cafe and Bistro,” Agora, vol. 7, no. 2, pp. 1–5, 2019, [Online]. Available: http://publication.petra.ac.id/index.php/manajemen-bisnis/article/view/8734.

K. Mubarak, A. D. Kurniawan, and H. M. Rahayu, “Korelasi Kemandirian Belajar Siswa dengan Hasil Belajar IPA di MTs Siratul Jannah Kubu Raya,” Pena Kreat. J. Pendidik., vol. 9, no. 1, pp. 1–11, 2020, [Online]. Available: https://openjurnal.unmuhpnk.ac.id/JPK/article/view/1862.

B. I. Sanny and R. K. Dewi, “Pengaruh Net Interest Margin (NIM) Terhadap Return on Asset (ROA) Pada PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat Dan Banten Tbk Periode 2013-2017,” J. E-Bis (Ekonomi Bisnis), vol. 4, no. 1, pp. 78–87, 2020, [Online]. Available: http://jurnal.politeknik-kebumen.ac.id/E-Bis/article/view/239.

E. Triyanto, H. Sismoro, and A. D. Laksito, “Implementasi Algoritma Regresi Linear Berganda Untuk Memprediksi Produksi Padi Di Kabupaten Bantul,” Rabit J. Teknol. dan Sist. Inf. Univrab, vol. 4, no. 2, pp. 73–86, 2019, doi: 10.36341/rabit.v4i2.666.

Rahmiyatul, Heriyana, and S. Maimunah, “Pengaruh Promosi , Gaya Hidup Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Oppo Pada Masyarakat Kota Lhokseumawe,” J. Visioner Strateg., vol. 12, no. 1, pp. 41–47, 2023, [Online]. Available: https://journal.unimal.ac.id/visi/article/view/1091.




DOI: http://dx.doi.org/10.26798/jiko.v8i1.976

Article Metrics

Abstract view : 836 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 279 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2024 Farianti Djamal


JIKO (Jurnal Informatika dan Komputer)

Published by
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Universitas Teknologi Digital Indonesia (d.h STMIK AKAKOM)

Jl. Raya Janti (Majapahit) No. 143 Yogyakarta, 55198
Telp. (0274)486664

Website : https://www.utdi.ac.id/

e-ISSN : 2477-3964 
p-ISSN : 2477-4413