Analisis User Interface (UI) Dan User Experience (UX) Sudut Elevasi Pemukul Gamelan Metaverse Virtual Reality Menggunakan User Centered Design (UCD)
Abstract
User Interface (UI) dan User Experience (UX) merupakan sesuatu hal yang penting dalam sebuah aplikasi yang sedang dikembangkan, bagaimana UI dan UX ikut ambil bagian dalam sebuah interaksi dengan aplikasi yang dibuat, tidak terlepas dari sebuah Virtual Reality (VR), juga membutuhkan sebuah UI/UX. Di dalam VR kita dapat melihat UI-UI yang telah dibuat sedemikian rupa agar menyerupai tampilan aplikasi yang mendekati dunia yang nyata atau tampak realistis. UI dalam VR pun dapa Dalam hal ini agar mempermudah interaksi antara objek-objek yang ada di dalam aplikasi dengan pengguna. Pembahasan pada artikel ini akan membahas mengenai Virtual Reality Gamelan, yang nantinya pengguna akan berinteraksi dengan pemukul gamelan agar dapat memainkan gamelan seperti gamelan yang nyata. Oleh karena itu metode User Centred Design (UCD) akan memperhatikan pengguna, dalam hal ini akan menjadi pusat desain, agar mendapatkan hasil dari sudut elevasi pemukul gamelan agar mendekati sudut elevasi pemukul gamelan saat bermain gamelan yang sesungguhnya. Harapannya akan mengembangkan suatu aplikasi yang ramah pengguna dan saat memainkan gamelan akan terasa seperti permainan gamelan pada dunia nyata.
Keywords
Virtual Reality; Gamelan; UCD; User Interface; User Experience
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)DOI: http://dx.doi.org/10.26798/jiko.v7i1.757
Article Metrics
Abstract view : 3913 timesPDF (Bahasa Indonesia) - 1237 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Evangelions Felix Yehdeya