ANALISIS KUALITAS LAYANAN WEBSITE LPPM UNIVERSITAS KRISTEN INDONESIA MENGGUNAKAN TEKNIK PENGUKURAN WEBQUAL 4.0
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil analisis kualitas layanan website LPPM UKI dan memberikan rekomendasi perbaikan berdasarkan hasil analisis yang dilakukan menggunakan indikator yang pada webqual 4.0 yaitu: kegunaan, kualitas informasi, kualitas interaksi dan kepuasan pelanggan. Sumber data dari penelitian ini menggunakan kuesioner kepada pengguna dengan meliputi 63 responsen yang dihitung berdasarkan pendapat Suharsimi Arikunto yang mengatakan jika jumlah populasi besar, dapat diambil 10%-15% atau 20%-25% atau lebih. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 315 Dosen UKI. Data diolah menggunakan bantuan aplikasi SPSS 26 menghasilkan persentasi berdasarkan setiap variabel yaitu kegunaan 78,45%, kualitas informasi 76,55%, kualitas interaksi 74,81% dan kepuasan pelanggan 77,46%. Dari analisis dan hasil uji F diperoleh hasil bahwa variabel usability, information quality dan service interaction quality secara bersama-sama memiliki pengaruh terhadap kepuasan pengguna. Dari analisis dan hasil uji T diperoleh variabel kegunaan (usability) tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan pengguna.”, variabel kualitas informasi (information quality) memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan pengguna, variabel kualitas layanan interaksi (service interaction quality) memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan pengguna. Berdasarkan hasil analisis tersebut penelitian ini merekomendasika kepada pengelola web untuk selalu memperbaharui informasi yang terdapat dalam website dan juga menyiapkan ruang komunikasi untuk memfasilitasi pengguna dalam menggukan website tersebut.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)DOI: http://dx.doi.org/10.26798/jiko.v7i1.718
Article Metrics
Abstract view : 462 timesPDF (Bahasa Indonesia) - 249 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Tungkot Siregar