Analisis Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kesehatan di Klinik Alkindi Herbal Menggunakan Metode K-Means Clustering
Abstract
Pelayanan kesehatan di beberapa klinik menjadi hal yang sangat penting dalam mencapai kepuasan pasien, salah satunya yaitu pelayanan kesehatan yang berada di Klinik Alkindi Herbal. Klinik Alkindi Herbal merupakan Klinik Pratama Rawat Jalan yang berbasis pengobatan herbal dengan standarisasi yang sudah canggih. Kepuasan pasien merupakan cerminan kualitas pelayanan kesehatan yang pasien terima dan merujuk pada tingkat kesempurnaan pelayanan kesehatan dalam menimbulkan rasa puas pada individu setiap pasien. Semakin sempurna kepuasan pasien, maka semakin baik pula mutu pelayanan kesehatan yang berada di Klinik Alkindi Herbal. Dengan menggunakan metode K-Means Clustering peneliti dan banyak pihak termasuk Klinik Alkindi Herbal dapat membantu untuk mengetahui berapa tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan yang telah diberikam. Metode K-Means Clustering merupakan suatu metode algoritma yang digunakan dalam pengelompokkan untuk memisahkan data ke dalam kelompok yang berbeda-beda, sehingga memudahkan peneliti untuk menemukan data yang diinginkan. Penelitian ini menjadi bahan masukan kepada Klinik Alkindi Herbal dalam mencapai kepuasan pasien untuk menjadi lebih baik lagi, sehingga pasien merasa nyaman dan aman saat berada di Klinik tersebut.
Kata Kunci: Metode K-Means Clustering, Kepuasan Pasien, Klinik Alkindi Herbal
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)DOI: http://dx.doi.org/10.26798/jiko.v6i2.612
Article Metrics
Abstract view : 2236 timesPDF (Bahasa Indonesia) - 671 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 ira zulvia, Faizal Aziz Hidayatulloh, Eva Rahmawati