Interaksi Kolaboratif Menggunakan Virtual Reality Berbasis Web DALAM pembelajaran Bahasa Inggris
Abstract
Teknologi Virtual Reality (VR) dapat diimplementasikan di berbagai bidang, salah satunya dalam bidang pendidikan. Potensi penggunaan VR dalam pembelajaran bahasa sangat dianjurkan karena berdampak pada peningkatan motivasi belajar siswa khususnya di perguruan tinggi. Namun penggunaan VR dalam pembelajaran bahasa masih sangat terbatas karena guru masih belum memiliki kemampuan yang memadai dalam menggunakan dan mengembangkan aplikasi VR. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan tambahan pengetahuan tentang penggunaan VR untuk pembelajaran bahasa Inggris bagi mahasiswa. Para peneliti telah mengimplementasikan penggunaan kelas VR menggunakan platform WebVR sosial Mozilla Hubs yang disampaikan oleh para dosen dari jarak jauh. Peneliti menggunakan kuesioner untuk mensurvei siswa tentang pengalaman mereka ketika berinteraksi di kelas bahasa menggunakan WebVR. Para dosen juga berinteraksi langsung menggunakan headset VR dan tracked controller untuk mengunggah materi. Hasil dari penelitian ini adalah siswa memberikan reaksi positif dan memiliki pengalaman yang baik dalam belajar bahasa Inggris menggunakan teknologi WebVR. Hasil penelitian ini juga mencatat munculnya penyakit simulator, gangguan audio dan video. Penelitian lebih lanjut sangat disarankan untuk membandingkan mode tampilan dan aktivitas kelas pada perangkat dan platform yang berbeda.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)DOI: http://dx.doi.org/10.26798/jiko.v6i1.535
Article Metrics
Abstract view : 1918 timesPDF (Bahasa Indonesia) - 761 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Siska Lidya Revianti, Pius Dian Widi Anggoro