PENGEMBANGAN ANIMASI 2D SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA KOREA UNTUK LEVEL DASAR (A1 - A2)
Abstract
Kemajuan teknologi dalam sektor pendidikan telah mendorong inovasi dalam cara pembelajaran, termasuk penerapan animasi 2D untuk medukung pemahaman Bahasa asing. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan animasi 2D sebagai media pembelajaran Bahasa Korea untuk level dasar (A1-A2) yang dirancang untuk membantu pemula dalam memahami huruf Hangeul dan tata Bahasa dasar dengan lebih interaktid dan efektif. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Multimedia Development Life Cycle (MDLC) yang terdiri dari enam tahapan : Concept, Design, Material Collecting, Assembly, Testing, dan Distribution. Adobe Animate 2021 berfungsi sebagai software utama dalam pembuatan animasi. Animasi yang dihasilkan kemudian dipublikasikan ke Youtube agar dapat diakses secara luas oleh masyarakat. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa 85% pengguna merasa lebih termotivasi dan memahami materi lebih baik dibandingkan metode konvensional. Temuan dari penelitian ini menunjukkan penggunaan animasi 2D dalam pembelajaran Bahasa korea mampu meningkatkan efektivitas dan dayya Tarik pembelajaran bagi pemula.
Keywords
Animasi 2D; Bahasa Korea; Hangeul; MDLC; Adobe Animate
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)DOI: http://dx.doi.org/10.26798/jiko.v9i2.1872
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF (Bahasa Indonesia) - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 dulcie maria, bayu syahputra