PENGEMBANGAN ANIMASI 2D SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA KOREA UNTUK LEVEL DASAR (A1 - A2)

dulcie maria, bayu syahputra

Abstract


Kemajuan teknologi dalam sektor pendidikan telah mendorong inovasi dalam cara pembelajaran, termasuk penerapan animasi 2D untuk medukung pemahaman Bahasa asing. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan animasi  2D sebagai media pembelajaran Bahasa Korea untuk level dasar (A1-A2) yang dirancang untuk membantu pemula dalam memahami huruf Hangeul dan tata Bahasa dasar dengan lebih interaktid dan efektif. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Multimedia Development Life Cycle (MDLC) yang terdiri dari enam tahapan : Concept, Design, Material Collecting, Assembly, Testing, dan Distribution. Adobe Animate 2021 berfungsi sebagai software  utama dalam pembuatan animasi. Animasi yang dihasilkan kemudian dipublikasikan ke Youtube agar dapat diakses secara luas oleh masyarakat. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa 85% pengguna merasa lebih termotivasi dan memahami materi lebih baik dibandingkan metode konvensional. Temuan dari penelitian ini menunjukkan penggunaan animasi 2D dalam pembelajaran Bahasa korea mampu meningkatkan efektivitas dan dayya Tarik pembelajaran bagi pemula. 

Keywords


Animasi 2D; Bahasa Korea; Hangeul; MDLC; Adobe Animate



DOI: http://dx.doi.org/10.26798/jiko.v9i2.1872

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2025 dulcie maria, bayu syahputra


JIKO (Jurnal Informatika dan Komputer)

Published by
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Universitas Teknologi Digital Indonesia (d.h STMIK AKAKOM)

Jl. Raya Janti (Majapahit) No. 143 Yogyakarta, 55198
Telp. (0274)486664

Website : https://www.utdi.ac.id/

e-ISSN : 2477-3964 
p-ISSN : 2477-4413