Analisis Prediktif Intensi Berwirausaha Mahasiswa Akuntansi Menggunakan Machine Learning

Defry Hamdhana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi intensi berwirausaha di kalangan mahasiswa akuntansi melalui penerapan model machine learning, khususnya K-Nearest Neighbor (K-NN). Kewirausahaan dianggap memiliki peran penting dalam pertumbuhan ekonomi dan penciptaan lapangan kerja, terutama di negara berkembang seperti Indonesia. Namun, tidak semua mahasiswa menunjukkan minat yang kuat untuk menjadi wirausahawan setelah lulus, termasuk mahasiswa akuntansi yang umumnya memiliki prospek karier di bidang keuangan. Penelitian ini menggunakan Theory of Planned Behavior (TPB) sebagai dasar teoretis untuk memahami faktor sikap, norma subjektif, dan kontrol perilaku dalam memengaruhi intensi berwirausaha mahasiswa. Data dikumpulkan dari 30 mahasiswa akuntansi di Politeknik Negeri Lhokseumawe dan Universitas Islam Kebangsaan Indonesia melalui kuesioner terkait pelatihan kewirausahaan, kemudian dianalisis menggunakan model K-NN. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap positif dan dukungan sosial memiliki pengaruh signifikan terhadap intensi berwirausaha. Model K-NN dengan parameter K = 3 menunjukkan akurasi sebesar 83%, yang mengindikasikan potensi penerapan machine learning dalam memprediksi intensi berwirausaha. Temuan ini berkontribusi pada literatur kewirausahaan serta memberikan rekomendasi untuk pengembangan program pelatihan kewirausahaan yang lebih komprehensif di lingkungan pendidikan.


Keywords


intensi berwirausaha; K-Nearest Neighbor; Theory of Planned Behavior

References


Ajzen I. The theory of planned behavior: Frequently asked questions. Human behavior and emerging technologies. 2020 Oct;2(4):314-24.

Ajzen I, Schmidt P. Changing behavior using the theory of planned behavior. The handbook of behavior change. 2020 Jul 23:17-31.

Anjum T, Amoozegar A, Farrukh M, Heidler P. Entrepreneurial intentions among business students: the mediating role of attitude and the moderating role of university support. Education+ Training. 2022 Mar 21(ahead-of-print).

Sahban MA. Determinants of entrepreneurial intention among business students in Indonesia. Universiti Utara Malaysia. 2016.

Widjaja SU, Wibowo A, Narmaditya BS, Wardoyo C, Saptono A. Identifying factors affecting entrepreneurship education and entrepreneurial intention among Indonesian university students. Entrepreneurial Business and Economics Review. 2022 May 21;10(3):89-104.

Silesky-Gonzalez E, Lezcano-Calderon Y, Mora-Cruz A. Effects of education for entrepreneurship and entrepreneurial intention in university students. International Entrepreneurship and Management Journal. 2025 Dec;21(1):1-22.

Cera G, Mlouk A, Cera E, Shumeli A. The impact of entrepreneurship education on entrepreneurial intention. A quasi-experimental research design. Journal of Competitiveness. 2020.

Prawesti MI, Cahya SB. Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan, Efikasi Diri, Dan Pola Pikir Kewirausahaan Terhadap Intensi Berwirausaha Mahasiswa Fakultas Ekonomika Dan Bisnis Unesa. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN). 2024 Aug 31;12(2):233-42.

Awan U, Shamim S, Khan Z, Zia NU, Shariq SM, Khan MN. Big data analytics capability and decision-making: The role of data-driven insight on circular economy performance. Technological Forecasting and Social Change. 2021 Jul 1;168:120766.




DOI: http://dx.doi.org/10.26798/jiko.v9i2.1863

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2025 Defry Hamdhana


JIKO (Jurnal Informatika dan Komputer)

Published by
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Universitas Teknologi Digital Indonesia (d.h STMIK AKAKOM)

Jl. Raya Janti (Majapahit) No. 143 Yogyakarta, 55198
Telp. (0274)486664

Website : https://www.utdi.ac.id/

e-ISSN : 2477-3964 
p-ISSN : 2477-4413