Analisis Efisiensi Proses Penerimaan Order Dan Pengadaan Bahan Baku Dengan Efisiensi Throughput
Abstract
CV Berkah, sebuah perusahaan kerajinan kayu, menghadapi tantangan efisiensi dalam proses penerimaan order dan pengadaan bahan baku yang masih dilakukan secara konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses bisnis inti, mengidentifikasi kendala, serta merancang ulang alur proses menggunakan pendekatan Business Process Reengineering (BPR). Metode penelitian melibatkan pengumpulan data melalui wawancara dan observasi, analisis proses menggunakan Business Process Model and Notation (BPMN), serta uji efisiensi throughput. Hasil analisis menunjukkan bahwa penerimaan order membutuhkan waktu hingga 191 menit dengan efisiensi throughput sebesar 29,31% (via whatsapp) dan 103 menit dengan efisiensi 70,87% (kunjungan langsung). Sementara itu, proses pengadaan bahan baku memakan waktu 164 menit dengan efisiensi 87,80%. Dengan rekomendasi berbasis teknologi, seperti sistem berbasis web dan Enterprise Resource Planning (ERP), waktu penyelesaian penerimaan order berkurang menjadi 18 menit dan pengadaan bahan baku menjadi 92 menit, masing-masing dengan efisiensi throughput 100%. Implementasi BPR pada CV Berkah berhasil meningkatkan efisiensi operasional secara signifikan.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
A. Nashrullah, W. Suharso, E. Faculty, and U. M. Malang, “Rekayasa Ulang Proses Bisnis Pada Usaha Konveksi Fasco Di Kota Malang,” J. Ris. Sist. Inf. dan Tek. Inform., vol. 9, pp. 555–568, 2024.
H. A. Erfandany, “REKAYASA ULANG PROSES INISIASI PROYEK PENGADAAN IPAL DENGAN PENDEKATAN BUSINESS PROCESS REENGINEERING PADA PT WIRAGA Abstrak,” no. September 2024, 2024.
R. Yusuf, “Business Process Reengineering (BPR) Pada Penerbitan Buku di UPT. Universitas Mataram Press,” vol. 5, no. 4, pp. 1–76, 2022.
F. A. Romadhon and Z. M. Nawawi, “Economic Reviews Journal,” Econ. Rev. J., vol. 3, no. 1, pp. 96–108, 2024, doi: 10.56709/mrj.v3i4.540.
A. Fetais, G. M. Abdella, K. N. Al-Khalifa, and A. M. Hamouda, “Business Process Re-Engineering: A Literature Review-Based Analysis of Implementation Measures,” Inf., vol. 13, no. 4, 2022, doi: 10.3390/info13040185.
R. Hidayat, “Implementasi Metode BPR (Business Process Reengineering) Dalam Perancangan Dan Pembangunan Sistem Informasi Data Kependudukan Desa,” Sismatik, pp. 52–60, 2021.
A. Erfina, N. Mira, I. Anggraeni, and D. Gustian, “Perancangan Dan Pembangunan Sistem Pelayanan Data Penduduk Dengan Metode Bpr ( Business Process Reengineering ) Studi Kasus : Kecamatan Takokak,” J. CAKRAWALA-Repositori IMWI, vol. 3, no. April, pp. 53–54, 2020.
T. Muttaqin and A. W. Utami, “Analisis Dan Pemodelan Proses Bisnis Menggunakan Metode Business Process Model and Notation (BPMN) Pada Produksi Shuttlecock,” Jeisbi J. Emerg. Inf. Syst. Bus. Intell., vol. 04, no. 01, pp. 26–31, 2023.
P. Permata, “IMPLEMENTASI E-COMMERCE DENGAN CONTENT MANAGEMENT SYSTEM (CMS) OSCOMMERCE PADA SITUS PENJUALAN (Studi Kasus : Toko Cahaya Komputer),” J. Inform. dan Rekayasa Perangkat Lunak, vol. 1, no. 1, pp. 58–64, 2020, doi: 10.33365/jatika.v1i1.159.
J. Teknologi and I. Jtsi, “Aplikasi E-Commerce Untuk Pemesanan Sparepart Motor,” J. Teknol. dan Sist. …, vol. 3, no. 1, pp. 83–89, 2022, [Online]. Available: https://jim.teknokrat.ac.id/index.php/sisteminformasi/article/view/1549%0Ahttps://jim.teknokrat.ac.id/index.php/sisteminformasi/article/viewFile/1549/596
K. Santoso, “Rancang Bangun Sistem Informasi Pengadaan Bahan Baku Di PT. Derma International Bandung,” Intern. (Information Syst. Journal), vol. 4, no. 1, pp. 1–15, 2021, doi: 10.32627/internal.v4i1.287.
M. R. A. Romadhana, I. Nuryasin, and W. Suharso, “Business Process Reengineering Pada Pengukuran Sistem Pemesanan Tiket Pesawat Maskapai Lion Air,” J. Teknol. Dan Sist. Inf. Bisnis, vol. 6, no. 2, pp. 410–421, 2024, doi: 10.47233/jteksis.v6i2.1323.
M. Ainur, B. Rohman, W. Suharso, and E. D. Wahyuni, “Business Process Reengineering Sistem Laporan Harian Kru Jalan Pada PO.Pelita Mas,” J. Sains Komput. Inform. (J-SAKTI, vol. 8, no. 1, pp. 215–229, 2024.
Riska Nazaria et al., “Business Process Reengineering in Hospitals: A Literature Review of Related Methodologies and Approaches,” Radinka J. Sci. Syst. Lit. Rev., vol. 2, no. 1, pp. 262–270, 2024, doi: 10.56778/rjslr.v2i1.246.
D. L. Ariza, “Penggunaan Val IT Framework 2.0 Untuk Menilai Investasi Teknologi Informasi (Studi Kasus Pada Investasi Aplikasi SIA di UT),” ABIS Account. Bus. Inf. Syst. J., vol. 6, no. 1, 2020, doi: 10.22146/abis.v6i1.59249.
D. A. Pradhipta, W. Suharso, and M. S.Kom., M.kom, “Business process reengineering pada kejaksaan negeri Batu,” J. Repos., vol. 1, no. 2, p. 159, 2020, doi: 10.22219/repositor.v1i2.255.
M. Arip Islahudin and W. Hadikurniawati, “Implementasi Metode Business Process Reengineering (Bpr) Pada Sistem Pelayanan Data Penduduk,” J. Ilm. Inform., vol. 10, no. 01, pp. 25–34, 2022, doi: 10.33884/jif.v10i01.4598.
Amitha Shofiani Devi, Khusnul Hotimah, Ramadhan Sakha A, Achmad Karimullah, and M. Isa Anshori, “Mewawancarai Kandidat: Strategi untuk Meningkatkan Efisiensi dan Efektivitas,” MASMAN Master Manaj., vol. 2, no. 2, pp. 66–78, 2024, doi: 10.59603/masman.v2i2.387.
A. R. Putri, A. L. Fahira, S. Apriyani, and U. Khasanah, “Observasi Pembelajaran Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Di Kelas,” J. Ilm. Pengabdi. Pada Masy., vol. 2, no. 1, pp. 45–49, 2024, [Online]. Available: https://jurnal.ittc.web.id/index.php/jipm/article/view/1333
M. J. A. Hamzah and R. N. Hariyanto, “Pemodelan Proses Bisnis Pendaftaran Rawat Inap pada Rumah Sakit Dewi Sri Karawang menggunakan Business Process Modeling Notation (BPMN),” Dirgamaya J. Manaj. dan Sist. Inf., vol. 1, no. 2, pp. 46–52, 2021, doi: 10.35969/dirgamaya.v1i2.187.
M. N. Waluyo, E. Suhendar, and H. A. Suprapto, “Rancang Ulang Proses Bisnis Dengan Metode Business Process Reengineering Pada TLS Cargo,” CSRID (Computer Sci. Res. Its Dev. Journal), vol. 12, no. 3, p. 161, 2021, doi: 10.22303/csrid.12.3.2020.161-169.
M. Winovsky, F. Febriyani, S. Tan Peiwen, S. Celia Natalia, and I. Suhardjo, “Resource Planning (ERP) pada PT Maju Bersama Jaya,” SEIKO J. Manag. Bus., vol. 6, no. 1, pp. 636–649, 2023, doi: 10.37531/sejaman.v6i1.3096.
F. F. Rozaqi, W. Suharso, and I. Nuryasin, “Business Process Reengineering (BPR) Pada Perusahaan Pdam Kabupaten Mojokerto Untuk Meningkatkan Kinerja Bisnis Perusahaan,” J. Repos., vol. 2, no. 5, pp. 635–648, 2020, doi: 10.22219/repositor.v2i5.514.
DOI: http://dx.doi.org/10.26798/jiko.v9i2.1652
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF (Bahasa Indonesia) - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Ahmad Kevin Adhira Zakki, Wildan Suharso