Perbandingan Efektivitas Desain User Experience pada Platform Pembayaran Digital (Studi Kasus pada GoPay, OVO, Dana)
Abstract
Jumlah masyarakat Indonesia yang menggunakan ponsel pintar terus meningkat setiap tahunnya, sehingga mendorong para pengembang aplikasi untuk terus menciptakan cara baru dan kreatif dalam menawarkan opsi pembayaran digital yang memudahkan pengguna dalam melakukan transaksi non-tunai. Meskipun banyak aplikasi pembayaran digital lain yang tersedia saat ini GoPay, OVO, dan Dana adalah yang paling banyak digunakan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membandingkan tiga aplikasi pembayaran digital dengan berbagai proses bisnis dan fitur yang hampir identik dalam hal pengalaman pengguna. Penelitian ini membandingkan analisis pengalaman pengguna berdasarkan kriteria kuesioner pengalaman pengguna dan skala kegunaan sistem. Kuesioner SUS dibagikan kepada 20 responden dan kuesioner UEQ dibagikan kepada 30 responden. Hasil dari kuesioner SUS menunjukan keberhasilan yang cukup tinggi kepada ketiga aplikasi pembayaran digital yang dimana aplikasi dana memiliki nilai lebih baik yaitu 53 sedangkan aplikasi GoPay mendapatkan nilai 50 dan aplikasi ovo mendapatkan nilai 49. Hasil dari kuesioner UEQ responden memiliki kesan yang baik terhadap ketiga aplikasi pembayaran digital tersebut. Aplikasi GoPay memiliki hasil lebih unggul pada lima aspek yaitu Daya tarik, Kejelasan, Efisiensi, Ketepatan dan Stimulasi, sedangkan aplikasi Dana mendapatkan hasil lebih baik dalam satu aspek skala yaitu aspek Kebaruan.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Hidayat, A. N., Hanggara, B. T., & Prakoso, B. S. (2021). Analisis Perbandingan Pengalaman Pengguna Pada Aplikasi Dompet Digital (Studi Kasus Pada OVO dan DANA). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 5(6), 2181-2187.
Annisa, F. D. N., Jaya, J. N. U., & Surmiati, S. (2022). Evaluasi Pengalaman Pengguna Pada Aplikasi E-Wallet OVO dan GOPAY Dengan Metode User Experience Questionnaire. Journal of Information System Research (JOSH), 3(3), 242-251.
Permatahati, I. P., & Djamaris, A. R. A. (2021). Perbandingan Loyalitas Pelanggan Pengguna Top 5 Aplikasi Dompet Digital (Shopee Pay, OVO, DANA, Go-Pay, dan Link Aja)(Studi Kasus Pada Pengguna di Jabodetabek). Journal of Entrepreneurship, Management and Industry (JEMI), 4(2), 65-74.
Khuntari, D. (2022). Analisis Pengalaman Pengguna Aplikasi Gojek dan Grab dengan Pendekatan User Experience Questionnaire. Jurnal Teknik Informatika Dan Sistem Informasi, 8(1), 275-286.
Maulani, T. J., Suprapto, S., & Perdanakusuma, A. R. (2021). Evaluasi User Experience Menggunakan Metode Usability Testing dan User Experience Questionnaire (UEQ)(Studi Kasus: Website Superprof. co. id dan Zonaprivat. com). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 5(6), 2639-2645.
Noor, A., & Hadisaputro, E. L. (2022). Analisis Pengalaman Pengguna Pada Aplikasi TIX ID Menggunakan Metode User Experience Questionnaire. Journal of Information System Research (JOSH), 3(4), 672-677.
Rohmah, S., & Ary, M. (2021). Analisis Pengalaman Pengguna Aplikasi Pinjaman Online Menggunakan Metode Usability Testing Dan User Experience Questionnaire (Studi kasus: pada Akulaku dan Kredivo Indonesia). JSI: Jurnal Sistem Informasi (E-Journal), 13(1).
Muhammad, F. A., Kharisma, A. P., & Sianturi, R. S. (2022). Perancangan User Experience Aplikasi Konsultasi Kesehatan Mental Online di Masa Pandemi berbasis Mobile menggunakan Metode Design Thinking. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 6(7), 3111-3121.
Ningtyas, N. A., & Meiriza, A. (2023). Penerapan Metode System Usability Scale Dalam Mengevaluasi User Experience Aplikasi DANA. JURIKOM (Jurnal Riset Komputer), 10(2), 667-674.
Al Rosyid, H., Rakhmadani, D. P., & Alika, S. D. (2022). Evaluasi Usability pada Aplikasi OVO Menggunakan Metode System Usability Scale (SUS). JURIKOM (Jurnal Riset Komputer), 9(6), 1808-1815.
DOI: http://dx.doi.org/10.26798/jiko.v9i2.1346
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF (Bahasa Indonesia) - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Angga Permana