Peran Moderasi Motivasi Hedonis Pada Pengaruh Kemanfaatan (Perceived Usefullnes) Dan Kepercayaan (Trust) Terhadap Niat Menggunakan Kembali E-Wallet ShopeePay
Abstract
Dalam e-commerce, bagi customer dalam melakukan transaksi pembelian menggunakan e-Wallet seperti ShopeePay terdapat unsur kepercayaan (trust) yang harus dipenuhi, selain hal tersebut adalah adanya manfaat (perceived usefulness) yang diperoleh sehingga transaksi tersebut dapat dilaksanakan. Jika kedua hal tersebut terpenuhi diharapkan customer akan berniat untuk kembali melakukan transaksi pembelian secara online menggunakan E-Wallet seperti ShopeePay. Akan tetapi dengan adanya kemudahan dalam melakukan transaksi pembelian, terutama dari sisi pembayaran yang dilakukan dengan menggunakan e wallet seperti ShopeePay tersebut terkadang customer justru tidak menyadari mengenai motivasi hedonis yang muncul, sehingga transaksi yang terjadi tanpa disertai dengan kepercayaan ataupun manfaat yang yang diperoleh. Metode analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data deskriptif kualitatif yaitu menekankan pada fakta dan sumber data. Teknik pengumpulan data dengan metode survey secara online dengan melalui tautan https://bit.ly/3pt1IQm. PLS 4 (Part Lease Square 4) digunakan sebagai alat analisis statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kemanfaatan Persepsian (Perceived Usefulness) konsumen berhubungan positif dengan Niat Menggunakan Kembali (Reuse Intention) e-Wallet ShopeePay adalah signifikan. Sedangkan untuk Kepercayaan (Trust) berhubungan positif dengan Niat Menggunakan Kembali (Reuse Intention) e-Wallet ShopeePay tetapi tidak signifikan. Peran Motivasi Hedonis (Hedonis Motivation) sebagai variabel moderasi memperlemah pengaruh Kemanfaatan Persepsian (Perceived Usefullnes) serta Kepercayaan (Trust) terhadap Niat Menggunakan Kembali (Reuse Intention) e-Wallet ShopeePay dan tidak signifikan.
Full Text:
PDFReferences
Arruda Filho, E. J. M., Simões, J. D. S., & De Muylder, C. F. (2020). The low effect of perceived risk in the relation between hedonic values and purchase intention. Journal of Marketing Management, 36(1–2), 128–148.
Bhattacherjee, A., (2001). An empirical analysis of the antecedents of electronic commerce service continuance. Decision Support Systems, 201-214.
DOI: http://dx.doi.org/10.26798/manise.v2i1.1119
Article Metrics
Abstract view : 453 timesPDF - 139 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Sur Yanti, Danny Kriestanto, Danny Kriestanto, Danny Kriestanto