Framework Kelas Virtual Berbasis Hologram Tiga Dimensi untuk Meningkatkan Motivasi Siswa dalam Belajar
Abstract
Teknologi hologram tiga-dimensi (H3D) dapat digunakan untuk meningkatkan perhatian anak di dalam kelas. Umumnya, anak memiliki rentang perhatian yang pendek dan mudah teralihkan, sehingga penting mengembangkan kemampuan perhatian mereka agar tetap fokus dan termotivasi. Penelitian bertujuan menghasilkan framework kelas virtual dengan dukungan konten H3D. Framework IDEO Design Thinking digunakan sebagai pendekatan penyelesaian masalah. Pendekatan metaanalisis dan diskusi kelompok terarah digunakan dalam fase interpretation untuk menilai faktor-faktor yang dapat mempengaruhi perhatian anak, serta bagaimana membuat konten H3D yang tepat sebagai alat bantu belajar digital. Model framework kelas virtual berbasis H3D dikembangkan pada fase ideation dari hasil fase interpretation. Pada fase experimentation dan evolution ditemukan bahwa fitur-fitur kunci yang terindentifikasi mampu meningkatkan motivasi siswa dalam belajar. Temuan ini kemudian dianalisis dan disimpulkan berdasarkan framework kelas virtual yang telah didesain. Simpulan menunjukkan bahwa fitur-fitur kunci yang diteliti harus ada dalam pengembangan konten H3D agar dapat meningkatkan motivasi belajar anak. Hal ini memperlihatkan pula bahwa model framework yang didesain mampu mengakomodasi teknologi H3D bersama dengan elemen-element penting kelas virtual lain sebagai alat bantu pembelajaran.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)DOI: http://dx.doi.org/10.26798/jiko.v6i1.536
Article Metrics
Abstract view : 704 timesPDF (Bahasa Indonesia) - 339 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Ari Cahyono, Benedictus Herry Suharto