IMPLEMENTASI TRAFFIC ENGINEERING UNTUK OPTIMALISASI JARINGAN MPLS INTERCITY

Dwi Nur Syabani, LUCIA NUGRAHENI HARNANINGRUM, Rikie Kartadie

Abstract


Dengan berkembangnya teknologi informasi yang pesat mengharuskan kebutuhan akses internet yang lebih cepat dan memadai baik secara kualitas jalur maupun besarnya ketersediaan bandwidth internet. Dalam upaya meningkatkan kualitas akses internet tersebut, seringkali terdapat masalah yaitu salah satunya terjadi bottleneck pada satu atau lebih jaringan backbone milik provider internet. Contohnya kasus pada jaringan metro intercity dimana salah satu jalur mengalami bottleneck sedangkan jalur lainnya masih memiliki utilisasi bandwidth yang rendah. Hal tersebut disebabkan karena protokol routing akan memilih jalur terpendek yang dapat dilalui oleh trafik data. Untuk mengatasi hal tersebut, dilakukan implementasi TE (traffic engineering) pada jaringan MPLS backbone pada segmen metro intercity dengan tujuan untuk menentukan jalur yang ingin digunakan oleh suatu trafik data sehingga utilisasi bandwidth pada setiap segmen jalur metro intercity dapat terbagi secara merata. Pada penelitian ini dilakukan secara simulasi dengan menggunakan perangkat Router Mikrotik dan berdasarkan studi kasus dari tempat bekerja. Hasil dari penelitian ini diperoleh bahwa performa jaringan setelah dilakukan implementasi TE (traffic engineering) menjadi lebih optimal dengan indeks sangat bagus berdasarkan analisa dan parameter latency dibandingkan performa sebelum implementasi TE yang memiliki indeks buruk.


Keywords


MPLS, traffic engineering, metro intercity

References


A. Whiter and U. Bramantya, “IMPLEMENTASI VPLS PADA JARINGAN MPLS BERBASIS MIKROTIK,” 2015, doi: 10.41020.0098.

C. Semeria, “Multiprotocol Label Switching,” 2000. [Online]. Available: www.juniper.net

A. W. Yanuarta, “Studi Komparasi VoIP dan VoMPLS dengan Mempertimbangkan Traffic Engineering,” 2012.

H. Kristianta and B. Setiawan, “TRAFFIC ENGINEERING ANALYSIS MENGGUNAKAN LSP (LABEL-SWITCHED PATH) PADA JARINGAN METRO ETHERNET ALCATEL LUCENT,” STMIK PALCOMTECH, 2014.

M. Taruk, “Model Optimasi Routing Protocol OSPF Pada Jaringan Wireless Mesh Dengan MPLSTraffic Engineering,” Informatika Mulawarman : Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer, vol. 13, no. 2, p. 84, Feb. 2019, doi: 10.30872/jim.v13i2.1338.

Rukhi Ali Effendi, “OPTIMASI MPLS TUNNEL SERVICE LAYER 2 VIRTUAL PRIVATE NETWORK DENGAN METODE SEGMENT ROUTING-TRAFFIC ENGINEERING DI NOKIA SERVICE ROUTER 7750,” 2022. [Online]. Available: https://lib.mercubuana.ac.id/

M. N. Kandi, “Analysis and Design Network Using Hybrid Technology Between MPLS-IP and MPLS-TE in PT. XYZ Using Network Development Life Cycle (NDLC) Method,” Bandung: Universitas Telkom, 2018.




DOI: http://dx.doi.org/10.26798/jiko.v8i2.1306

Article Metrics

Abstract view : 35 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 9 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2024 LUCIA NUGRAHENI HARNANINGRUM, Dwi Nur Syabani


JIKO (Jurnal Informatika dan Komputer)

Published by
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Universitas Teknologi Digital Indonesia (d.h STMIK AKAKOM)

Jl. Raya Janti (Majapahit) No. 143 Yogyakarta, 55198
Telp. (0274)486664

Website : https://www.utdi.ac.id/

e-ISSN : 2477-3964 
p-ISSN : 2477-4413