Analisis Aplikasi Identitas Kependudukan Digital Pada Dukcapil Kelurahan Kamal Muara dengan Metode System Usability Scale (SUS)

Faisal Darrun Ridwan, Yusnia Budiarti

Abstract


Berdasarkan UU no.23 Tahun 2006 pasal 13 menyebutkan bahwa Nomor Induk Kependudukan atau yang biasa kita singakat NIK, merupakan dasar dari penerbitan dokumen Program E-KTP juga dilatar belakangi oleh sistem pembuatan KTP yang masih manual sehingga penduduk bisa mempunyai tidak hanya satu identitas. Hal ini dikarnakan belum ada basis data terintegrasi yang mengumpulkan seluruh data kependudukan di Indonesia. permasalahan ini membuka peluang bagi warga yang ingin melakukan penipuan dengan menyalin KTP pada kasus-kasus tertentu.Melalui UU no.25 Tahun 2009 Kementrian Dalam Negeri Republik Indonesia menggembangkan inovasi baru yaitu Identitas Kependudukan Digital yang bisa kita singkat dengan IKD di seluruh Indonesia.Salah satu metode yang sangat relevan dengan latar belakang permasalahan yaitu System Usability Scale (SUS).Demi keamanan pengguna atau user aplikasi ini tidak dapat di screenshoot atau di rekam layar.Apliaksi ini sudah dapat diaktivasi di semua loket Kependudukan dan Pencatatan Sipil baik yang verada di Tingkat Kelurahan, Kecamatan , Kota/Kabupaten, dan Provinsi.Apabila perangkat hilang, rusak, atau ganti perangkat baru pengguna atau pengguna tidak perlu aktivasi lagi cukup menginput NIK dan Pasword yang suda hada. Aplikasi ini kedepannya akan singkron ke beberapa Instasi lain seperti BPJS, Samsat, Pajak, KPU, Dinas Sosial, dan lain sebagainya. 

Keywords


Program E-KTP, Metode System Usability Scale (SUS), NIK, Penelitian Teknologi Informasi, Identitas Kependudukan Digital

References


A. Karim et al., Pengantar Teknologi Informasi Penulis. 2020. [Online]. Available: http://labuhanbatuberbagi.com/.

D. Hendarsyah, S. Tinggi, I. Ekonomi, and S. Bengkalis, “Konsep Dasar Sistem Informasi Manajemen,” 2023. [Online]. Available: https://www.researchgate.net/publication/370690983.

“JURNAL ARTIKEL KUALITAS PELAYANAN dalam proses pembuatan ektp,” 2019.

M. Prof. Dr. H.M. Sidik Priadana, “Metode-Penelitian-Kuantitatif,” 2021.

H. MSi, J. Ustiawaty, and D. Juliana Sukmana, “Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif,” 2020. [Online]. Available: https://www.researchgate.net/publication/340021548.

Nur Fadilah Amin1; Sabaruddin Garancang2; Kamaluddin Abunawas3, “KONSEP UMUM POPULASI DAN SAMPEL DALAM PENELITIAN,” JURNAL PILAR: Jurnal Kajian Islam Kontemporer, vol. 14, pp. 1–14, 2023.

Ms. Jailani, F. Jeka, and U. Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, “Populasi dan Sampling (Kuantitatif), Serta Pemilihan Informan Kunci (Kualitatif) dalam Pendekatan Praktis,” 2023.

L. Moh. S. H. D. T. Musrifah Mardiani Sanaky1), “ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB KETERLAMBATAN PADA PROYEK PEMBANGUNAN GEDUNG ASRAMA MAN 1 TULEHU MALUKU TENGAH,” vol. 11, 2021.




DOI: http://dx.doi.org/10.26798/jiko.v8i2.1250

Article Metrics

Abstract view : 38 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 14 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2024 Faisal Darrun Ridwan


JIKO (Jurnal Informatika dan Komputer)

Published by
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Universitas Teknologi Digital Indonesia (d.h STMIK AKAKOM)

Jl. Raya Janti (Majapahit) No. 143 Yogyakarta, 55198
Telp. (0274)486664

Website : https://www.utdi.ac.id/

e-ISSN : 2477-3964 
p-ISSN : 2477-4413