PERANCANGAN SISTEM INFORMASI KELAHIRAN DAN KEMATIAN TERINTEGRASI MENGUNAKAN PENDEKATAN MVC

Dika Antoni Putra, Cahyo Darujati

Abstract


Sistem informasi kelahiran dan kematian memiliki peran penting dalam administrasi data kependudukan di era modern. Informasi ini berpengaruh signifikan terhadap kebijakan perencanaan, pemantauan kesehatan masyarakat, dan analisis statistik populasi. Untuk mengelola data yang semakin kompleks, diperlukan sistem informasi yang efisien dan terintegrasi.

Penelitian ini mengusulkan pengembangan sistem informasi terintegrasi berbasis Model-View-Controller (MVC). Dengan pendekatan ini, data, tampilan, dan pengendalian dipisahkan untuk mencapai integrasi yang lebih baik dan pemeliharaan yang lebih efisien.

 

Metodologi penelitian melibatkan pengumpulan data melalui observasi lapangan dan studi pustaka. Pengembangan perangkat lunak mengikuti model Siklus Hidup Pengembangan Sistem (SDLC) dengan menggunakan kerangka kerja Scrum. Tahapannya meliputi analisis kebutuhan, desain, pembuatan kode program, pengujian (termasuk black box), serta proses dokumentasi.

 

Hasil penelitian meliputi diagram pengembangan use case, diagram aktivitas, dan diagram kelas. Aplikasi yang dikembangkan memungkinkan berbagai jenis pengguna untuk melakukan pengajuan data kelahiran dan kematian, verifikasi pengajuan, mengakses riwayat pengajuan, dan mengelola data rumah sakit dan pengguna. Aplikasi ini juga memanfaatkan teknologi real-time untuk memudahkan pengiriman data dan pemantauan laporan.Penelitian ini diharapkan akan berkontribusi pada pengembangan informasi teknologi yang lebih maju dalam administrasi kependudukan, meningkatkan efisiensi, aksesibilitas, dan akurasi data kelahiran dan kematian di masa depan.


Keywords


Sistem informasi; Model-View-Controller (MVC); pengembangan perangkat lunak; integrasi data; kependudukan

References


A. Ripa, “PENERAPAN SISTEM INFORMASI ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI MENUJU SINGLE IDENTITY NUMBER DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN SUMEDANG PROVINSI JAWA BARAT.”

I. Z. Abidin and H. P. Putro, “Penerapan MVC dalam Pengembangan Sistem Point of Sale (Studi Kasus TPOS PT. Java Signa Intermedia).”

“REPOSITORY YUDIAN SYAPUTRA[3]”.

A. Ardytia Febrian Amarta and I. Gita Anugrah, “Implementasi Agile Scrum Dengan Menggunakan Trello Sebagai Manajemen Proyek Di PT Andromedia,” Jurnal Nasional Komputasi dan Teknologi Informasi, vol. 4, no. 6, 2021.

M. I. Kausar Bagwan and P. D. Swati Ghule, “A Modern Review on Laravel-PHP Framework,” 2019.

H. Fahmi and A. Abtokhi, “Pendekatan Metode Scrum dalam Pengembangan Sistem Pengarsipan Penelitian, Pengabdian, dan Publikasi,” LibTech: Library and Information Science Journal, vol. 2, no. 2, Apr. 2022, doi: 10.18860/libtech.v3i1.15660.

Perangkat Lunak.

“Implementasi Scrum pada Manajemen Proyek Pengembangan Perangkat Lunak Pemesanan Undangan (Studi Kasus: Paperlust).”

“1944-Article Text-3848-1-10-20220208[9]”.

F.- Sonata, “Pemanfaatan UML (Unified Modeling Language) Dalam Perancangan Sistem Informasi E-Commerce Jenis Customer-To-Customer,” Jurnal Komunika : Jurnal Komunikasi, Media dan Informatika, vol. 8, no. 1, p. 22, Jun. 2019, doi: 10.31504/komunika.v8i1.1832.




DOI: http://dx.doi.org/10.26798/jiko.v8i2.1107

Article Metrics

Abstract view : 45 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 17 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2024 Dika Antoni Putra, Cahyo Darujati


JIKO (Jurnal Informatika dan Komputer)

Published by
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Universitas Teknologi Digital Indonesia (d.h STMIK AKAKOM)

Jl. Raya Janti (Majapahit) No. 143 Yogyakarta, 55198
Telp. (0274)486664

Website : https://www.utdi.ac.id/

e-ISSN : 2477-3964 
p-ISSN : 2477-4413