Mitos Brand Amerika Dalam Pemilihan Handphone Mahasiswa Universitas Teknologi Digital Indonesia (Studi Kasus: Iphone Vs Samsung)

Nafisatul Lutfi, Sur Yanti, Mochamad Rofik

Abstract


Merek (Brand) sering diidentikkan dengan kualitas. Semakin kuat mereknya, semakin tinggi kualitasnya, sehingga semakin tinggi pula penjualannya. Merek juga sering dikaitkan dengan negara asal produk brand tersebut. Dalam studi Amerika, ada istilah yang menyebutkan mitos merek Amerika yang lebih canggih dan lebih baik di mata pelanggan.

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji hubungan antara asosiasi budaya negara asal, khususnya mitos produk Amerika dalam pemilihan ponsel di kalangan mahasiswa Universitas Teknologi Digital Indonesia(UTDI). Pemilihan produk handphone berdasarkan latar belakang mahasiswa yang familiar dengan Internet Technology (IT) dan gadget. Produk Iphone dan Samsung dijadikan sebagai parameter untuk melihat brand association versus kualitas produk mengingat kedua brand tersebut sudah terkenal dan bersaing di pasar smartphone saat ini.

Metode penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif yang dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang dibagikan kepada mahasiswa UTDI yang mengambil mata kuliah Bahasa Inggris 1 dan 2. Jumlah sampel yang terkumpul adalah 43 sampel. Hasil penelitian menunjukkan pengaruh budaya (mitos produk Amerika) tidak terbukti dalam kasus pembelian smartphone pada mahasiswa UTDI. Responden puas dengan produk yang mereka gunakan, meskipun mayoritas tidak menggunakan produk Iphone atau Samsung. Samsung dan Iphone adalah produk populer dan merek Apple adalah merek yang kuat. Loyalitas responden terhadap produk yang digunakannya tinggi. Samsung lebih populer di kalangan mahasiswa UTDI dibandingkan dengan Iphone.


Full Text:

PDF

References


Aaker, A. D. (1991). Managing Brand Equity; Capitalizing On the Value of a Brand Name. New York: the Free Press.

Aaker, D. A. (1996). Building Strong Brands. New York: The Free Press, A Division of Simon & Schuster Inc.

Alden, D., Steenkamp, J.-B., & Batra, R. (1999). Brand positioning through advertising in Asia, North America, and Europe: the role of global consumer culture. Journal of Marketing, 63(1), 75-87.

Anholt, S. (2005). Anholt Nation Brands Index: how does the world see America? Journal of Advertising Research, 45(3), 293-304.

Barthes, R. (1972, 1957]). Mythologies. (T. A. Lavers, Ed.) New York: Hill and Wang.

Bohang, F. K. (2016, 12 18). Samsung Masih Rajai Pasar Smartphone Indonesia, Ditempel Oppo. Retrieved from Kompas.com: http://tekno.kompas.com/read/2016/12/18/084 64977/samsung.masih.rajai.pasar.smartphone.i ndonesia.ditempel.oppo

Cayla, J., & Arnould, E. J. (2008). A Cultural Approach to Branding in the Global Marketplace. Journal of International Marketing Vol. 16, No.4, 88-114.

Chung, J. E., & Pysarchik, D. (1997). Predictors of intention to buy uni-and bi-national products: a comparison of Korean and American consumers. paper presented at the 9th International Conference in Research in the Distributive Trades. Leuven.

Fisher, C. (2007). Researching and Writing a dissertation, A guild Book For Business Student (Vol. Second Edition). Prentice Hall.

Holt, D. (2004). How Brands Becoome Icons: The Principles of Cultural Branding. Boston: MA: Harvard Business School Press.

Kapferer, J. (2004). The strategic Brand Management: Creating and sustaining brand equity Long Term. London: Kogan Page.

Keller, K. L. (2003). Brand Synthesis: The Multidimensionality of Brand Knowledge. The Journal of Consumer Research 29 (March), 595-600.

Keller, L. (1998). Strategic Brand management; Building, Measuring, and Managing brand Equity. New Jersey.

Kriyantono, R. (2006). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kharisma Putra.

Kuklick, B. (1972). Myth and Symbol in American Studies. American Quarterly, Vol. XXIV.

Lee, M. Y., Knight, D., & Kim, K. Y. (2008, 3 17). Brand analysis of a US global brand in comparison with domestic brands in Mexico, Korea and Japan. Journal of Product and Brand Management, 163-174.

Manlow, V. (2011). Creating an American Mythology: A Comparison of Branding Strategies in Three Fashion Firms. Fashion Practice, 3(1), pp. 85-110.

Remedios, R., & Nathwani, D. (2014). A study to examine the brand preferences of students towards apple v/s samsung smartphone. International Journal of Multidisciplinary Research and Development, 1(7), 213-220.

Sagita, H. (2013). Pengaruh Brand Association Terhadap Motivasi Membeli Smartphones (Studi Rksplanatif Pengaruh Brand Association Apple terhadap Motivasi Membeli Produk Smartphones Iphone pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Angkatan 2011 Universitas Atmajaya Yogyakarta) . Yogyakarta: UAJY.

Smith, H. N. (1950 ). Virgin Land: The American West as Symbol and Myth. Harvard: Harvard University Press.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: CV AFABETA .




DOI: http://dx.doi.org/10.26798/manise.v1i2.962

Article Metrics

Abstract view : 151 times
PDF - 203 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Nafisatul Lutfi




MANISE "Manajemen, Bisnis dan Ekonomi"

Published by

Fakultas Manajemen dan Bisnis
Universitas Teknologi Digital Indonesia (d.h STMIK AKAKOM)

Jl. Raya Janti (Majapahit) No. 143 Yogyakarta, 55198
Telp. (0274)486664