Pengaruh Kualitas Pelayanan Kesehatan terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan di RSUD Saptosari Gunungkidul D.I. Yogyakarta

Khoiri Najib

Abstract


Abstrak: Kualitas pelayanan merupakan indikator terpenting untuk mengetahui kepuasan pasien. Makin sempurna kepuasan tersebut, makin baik pula kualitas pelayanan kesehatan. RSUD Saptosari merupakan salah satu institusi penyedia jasa pelayanan kesehatan di Kabupaten Gunungkidul DIY. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan kesehatan terhadap kepuasan pasien rawat jalan di RSUD Saptosari Gunungkidul DIY. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, kuesioner, studi pustaka, dan dokumentasi. Jumlah Sampel adalah 77 responden. Hasil uji t bahwa t hitung > t tabel  6,085 > 1,992 dan nilai signifikansi yang dihasilkan adalah 0,000 < 0,05 yang berarti kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien. Sedangkan hasil uji koefisien determinasi, diperoleh hasil bahwa nilai koefisien determinasi (R Square) adalah 0,331, yang artinya kualitas pelayanan memiliki kontribusi terhadap kepuasan pasien sebesar 33,1% dan sisanya 66,9 % dipengaruhi oleh faktor  lain.


Full Text:

PDF

References


Daga, R. (2017). Citra, Kualitas Produk dan Kepuasan Pelanggan. Makasar: Global Research and Consulting Institute.

Hetmi Wowor, D. M., & Rares, J. (2016). PELAYANAN KESEHATAN DI PUSAT KESEHATAN MASYARAKAT (PUSKESMAS) AMURANG TIMUR KABUPATEN MINAHASA SELATAN. Jurnal Ilmu Sosial & Pengelolaan Sumberdaya Pembangunan, 103-112.

Indrasari, M. (2019). Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Surabaya: Unitomo Press.

Nurul, A. (2017). Hubungan Mutu Pelayanan terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Kelas III di Rumah Sakit TK. IV Madiun. Madiun: STIKES Bhakti Husada Mulia Madiun.

Rahmawati. (2016). Manajemen Pemasaran. Samarinda: Mulawarman University Press.

Rangkuti, F. (2017). Customer Care Exellent Meningkatkan Kinerja Perusahaan melalui Pelayanan Prima Plus Analisis Kasus Jasa Raharja. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Setiani, T. (2017). Kualitas Pelayanan Kesehatan pada Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesemas) Remaja di Kelurahan Sungai Pinang Dalam. Jurnal Ilmu Pemerintah, Volume 5 No 2, 673-686.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sunyoto. (2012). Manajemen Pemasaran .Edisi Ke 2. Jakarta: Erlangga.

Tjiptono, F. (2012). Brand Manajement & Strategy. Yogyakarta: Andi.

Wahyudiyono. (2021). Pengaruh Kualitas Layanan Elektronik Terhadap Loyalitas Pelanggan “Buka Lapak” Melalui Kepuasan Pelanggan ( Studi Kasus Di Kampus Ama Yogyakarta ). Jurnal Solusi, Volume 16 No 1, 39-51.




DOI: http://dx.doi.org/10.26798/manise.v1i1.666

Article Metrics

Abstract view : 1018 times
PDF - 2995 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Khoiri Najib




MANISE "Manajemen, Bisnis dan Ekonomi"

Published by

Fakultas Manajemen dan Bisnis
Universitas Teknologi Digital Indonesia (d.h STMIK AKAKOM)

Jl. Raya Janti (Majapahit) No. 143 Yogyakarta, 55198
Telp. (0274)486664