PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN MASYARAKAT MENGGUNAKAN PRODUK PT. UNILEVER INDONESIA DI YOGYAKARTA

Mursyid Mursyid

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran yang terdiri dari produk, harga, jalur distribusi dan promosi, baik secara parsial maupun simultan terhadap keputusan masyarakat menggunakan Produk PT. Unilever Indonesia di Yogyakarta. Jenis penelitian yang digunakan kuantitatif. Mengingat jumlah populasi yang sulit diukur, maka sampel penelitian yang digunakan sebanyak 272 responden. Sampel diambil secara acak di beberapa lokasi. Hasil penelitian diperoleh informasi bahwa 1) Produk memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Keputusan Masyarakat menggunakan produk PT. Unilever Indonesia; 2) Harga memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Keputusan Masyarakat menggunakan produk PT. Unilever Indonesia; 3) Jalur distribusi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Keputusan Masyarakat menggunakan produk PT. Unilever Indonesia; 4) Promosi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Keputusan Masyarakat menggunakan produk PT. Unilever Indonesia; dan 5) Produk, harga, jalur distribusi dan promosi secara simultan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Keputusan Masyarakat menggunakan produk PT. Unilever Indonesia.

Kata kunci: bauran pemasaran, produk, harga, jalur distribusi, promosi, keputusan masyarakat

Full Text:

PDF

References


Bella Puspita Sari, Diah Isnaini Asiati. (2018). PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DETERJEN TOTAL. Jurnal Ilmu Manajemen, 45 - 58.

K.E.S. Putra. (2020). PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM MEMBELI AIR MINUM KEMASAN YEH BULELENG (Studi Kasus di Kabupaten Buleleng). Bisma: Jurnal Manajemen,, 39 - 49.

Kotler, P. (2012). Manajemen Pemasaran Edisi 13, Bahasa Indonesia Jilid 1 dan 3. Jakarta: Rajawali.

Lupiyoadi, R. (2014). Manajemen Pemasaran Jasa Berbasis Kompetensi. Jakarta: Prehalindo.

Novelia Al-Raafi Rizki Adinda Sutrsino, Joko Widodo, Mukhamad Zulianto. (2018). PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK RM AYAM BAKAR WONG SOLO JEMBER. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi, dan Ilmu Sosial, 259 - 263.

Rionardo Prasetio dan Kazia Laturette. (2017). PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA BISNIS CHEPITO TOUR & TRAVEL. PERFORMA : Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis, 332 - 341.

Sugiyono. (2020). Metiode Penelitian Kuantitatif. Bandung: CV. Alfabeta.

Sunyoto, D. (2014). Praktek Riset Perilaku Konsumen. Jakarta: Buku Seru.

Tjiptono, F. (2008). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi Offset.




DOI: http://dx.doi.org/10.26798/manise.v1i1.575

Article Metrics

Abstract view : 278 times
PDF - 466 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Mursyid Mursyid




MANISE "Manajemen, Bisnis dan Ekonomi"

Published by

Fakultas Manajemen dan Bisnis
Universitas Teknologi Digital Indonesia (d.h STMIK AKAKOM)

Jl. Raya Janti (Majapahit) No. 143 Yogyakarta, 55198
Telp. (0274)486664