Perancangan Aplikasi Edukasi Pencegahan Kebakaran Rumah Berbasis Android Dengan Metode Linear Congruential Generator
Abstract
Perancangan aplikasi edukasi pencegahan kebakaran rumah berbasis Android dengan metode Linear Congruential Generator (LCG) untuk pengacakan soal pada menu kuis. Kebakaran merupakan bencana yang sering terjadi dan memiliki potensi bahaya besar bagi masyarakat. Aplikasi ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang bahaya kebakaran dan cara mencegahnya melalui edukasi yang mudah diakses. Aplikasi ini menggunakan metode LCG untuk pengacakan urutan soal dalam menu kuis, sehingga setiap pengguna mendapatkan urutan soal yang berbeda dalam setiap sesi. Materi edukasi meliputi penjelasan tentang kebakaran, cara mitigasi dan pencegahan kebakaran rumah, serta tata cara menanggulangi kebakaran jika terjadi. Hasil penelitian ini adalah aplikasi edukasi yang menarik dan informatif, memberikan kemudahan bagi pengguna untuk memahami pencegahan kebakaran dan menguji pengetahuannya melalui menu kuis yang teracak. Aplikasi ini diharapkan dapat membantu meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya pencegahan kebakaran dan mengurangi risiko terjadinya kebakaran rumah.
Full Text:
PDFReferences
S. Murtiadi, D. S. Agustawijaya, A. Akmaluddin, N. Ngudiyono, and N. N. Kencanawati, “PELATIHAN REKAYASA BANGUNAN DAN JALUR EVAKUASI MENGHADAPI BAHAYA KEBAKARAN UNTUK PRAKTISI MUDA DI KOTA MATARAM,” Jurnal Pepadu, vol. 4, no. 2, pp. 229–237, 2023.
Y. Darnita, A. Discrise, and R. Toyib, “Prototype Alat Pendeksi Kebakaran Menggunakan Arduino,” Jurnal Informatika Upgris, vol. 7, no. 1, 2021.
S. T. Casban, U. Marfuah, D. Sunardi, and A. P. Dewi, “Evaluasi Pelatihan Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran di Lingkungan Rumah Tangga,” Prosiding Konferensi Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat Dan Corporate Social Responsibility (PKM-CSR), vol. 3, pp. 470–478, 2020.
M. Finthariasari, E. Febriansyah, and K. Pramadeka, “Pemberdayaan masyarakat desa Pelangkian melalui edukasi dan literasi keuangan pasar modal menuju masyarakat cerdas berinvestasi,” Jurnal Pengabdian Masyarakat Bumi Raflesia, vol. 3, no. 1, pp. 291–298, 2020.
S. M. Sinuraya and T. N. Siagian, “PERANCANGAN APLIKASI EDUKASI ANAK DI SD NEGERI 112166 AEK NABARA MENGGUNAKAN VB. NET 2010,” U-NET Jurnal Teknik Informatika, vol. 2, no. 1, pp. 1–6, 2018.
R. Zaid and B. P. Sutardi, “IMPLEMENTASI METODE LINEAR CONGRUENTIAL GENERATOR (LCG) PADA TES IQ BERBASIS ANDROID”.
A. M. Siahaan and J. Hendrik, “Perancangan Aplikasi Edukasi Pembelajaran Alfabet dan Angka Berbasis Android dengan Metode Linear Congruential Generator (LCG),” Bulletin of Computer Science Research, vol. 3, no. 1, pp. 170–176, 2022.
N. Anwar, S. Sinurat, and I. Saputra, “Penerapan Algoritma Xtea Dengan Metode Pembangkitan Kunci Linear Congruential Generator Untuk Pengamanan Teks Rahasia,” Resolusi: Rekayasa Teknik Informatika dan Informasi, vol. 2, no. 3, pp. 96–105, 2022.
M. L. A. Latukolan, A. Arwan, and M. T. Ananta, “Pengembangan Sistem Pemetaan Otomatis Entity Relationship Diagram Ke Dalam Database,” Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 3, no. 4, pp. 4058–4065, 2019.
R. Juliarto, “Apa itu UML? Beserta Pengertian dan Contohnya,” Dicoding, May 12, 2021. https://www.dicoding.com/blog/apa-itu-uml/ (accessed Jul. 13, 2023).
M. Syarif and W. Nugraha, “Pemodelan diagram uml sistem pembayaran tunai pada transaksi e-commerce,” JTIK (Jurnal Teknik Informatika Kaputama), vol. 4, no. 1, pp. 64–70, 2020.
F. Sonata, “Pemanfaatan UML (Unified Modeling Language) dalam perancangan sistem informasi e-commerce jenis customer-to-customer,” Jurnal Komunika: Jurnal Komunikasi, Media Dan Informatika, vol. 8, no. 1, pp. 22–31, 2019.
A. F. Prasetya, S. Sintia, and U. L. D. Putri, “Perancangan Aplikasi Rental Mobil Menggunakan Diagram UML (Unified Modelling Language),” Jurnal Ilmiah Komputer Terapan dan Informasi, vol. 1, no. 1, pp. 14–18, 2022.
G. F. Fitriana, “Pengujian Aplikasi Pengenalan Tulisan Tangan menggunakan Model Behaviour Use case,” Jatisi (Jurnal Teknik Informatika Dan Sistem Informasi), vol. 7, no. 2, pp. 200–213, 2020.
U. Tanoto, “Activity Diagram: Pengertian, Fungsi, Contoh serta Cara Membuatnya,” Jojonomic, Dec. 29, 2020. https://www.jojonomic.com/blog/activity-diagram/ (accessed Jul. 24, 2023).
DOI: http://dx.doi.org/10.26798/juti.v3i1.991
Article Metrics
Abstract view : 213 timesPDF - 64 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Mohammad Fariz Al Ghifari