IMPLEMENTASI DESIGN THINKING UNTUK PERANCANGAN UI/UX APLIKASI ONE COLLECTING AGENT (OCA)
Abstract
Aplikasi One Collecting Agent (OCA) adalah sebuah aplikasi yang dibangun untuk mempermudah pengumpulan data pengelolaan Pajak Penghasilan (PPh) kegiatan Perguruan Tinggi untuk PPh 21, PPh 23, dan PPh 4 Ayat 2 khususnya di Universitas ABC. Dimana, pengelolaan PPh tersebut masih dilakukan dengan bantuan google spreadsheet yang menimbulkan adanya permasalahan seperti, tampilan lembar kerja di dalam spreadsheet berbentuk tabel menyamping membuat pengguna mengalami kesulitan dalam pengisian data yang mengakibatkan ketidakefektifan pengoperasian dan kinerja pengguna. Oleh karena itu, diperlukan adanya sebuah perancangan UI/UX dan frontend berbasis website untuk memberikan tampilan lembar kerja yang lebih nyaman dan optimal. Tujuan dari penelitian ini adalah melakukan perancangan UI/UX dan frontend aplikasi One Collecting Agent (OCA) dengan menerapkan metode Design Thinking agar dapat memenuhi tampilan desain antar muka yang dibutuhkan dan diinginkan pengguna. Metode Design Thinking adalah metode yang berpusat pada manusia untuk memecahkan masalah yang muncul dari pengguna. Metode ini memiliki 5 tahap, yaitu empathize, define, ideate, prototype, dan test. Tahap empathize merupakan tahap mencari permasalahan dan kebutuhan pengguna. Tahap define dan ideate merupakan tahap menentukan masalah dan merancang ide solusi. Tahap prototype adalah tahap mengimplementasikan ide solusi ke dalam tampilan desain. Tahap test dilakukan dengan pengujian prototype kepada 30 responden menggunakan metode System Usability Scale (SUS) yang diperoleh hasil 75 dengan kategori Excellent, Acceptable, dan grade scale C. Hasil penelitian ini adalah perancangan UI/UX dan frontend aplikasi One Collecting Agent (OCA) menggunakan metode Design Thinking yang dapat memenuhi tampilan desain antar muka yang dibutuhkan dan diinginkan pengguna.
Full Text:
PDFReferences
H. Ilham, B. Wijayanto, and S. P. Rahayu, “Analysis and Design of User Interface/User Experience With the Design Thinking Method in the Academic Information System of Jenderal Soedirman University,” J. Tek. Inform., vol. 2, no. 1, pp. 17–26, 2021, doi: 10.20884/1.jutif.2021.2.1.30.
D. H. Pardede, A. B. L. Mailangkay, and ..., “PERANCANGAN USER INTERFACE BERBASIS WEB PENDISTRIBUSIAN BARANG (Supply Chain Management) MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING,” Pros. Semin. …, pp. 38–41, 2021, [Online]. Available: https://journal.perbanas.id/index.php/psn/article/view/389.
M. I. Ikhlas, “Perancangan Ulang User Interface Website Tracking Tiara Track Dan Implementasi User Experience Dengan Pendekatan Design Thinking Tugas Akhir Jalur Magang,” 2022.
L. B. Prabowo et al., “Perancangan Antarmuka Pengguna dan Front End pada Platform Setanam dengan Penerapan Brand Design Menggunakan Metode Design Thinking Design of User Interface and Front End on the Establishment Platform with Application of Brand Design Using Design Thinking,” vol. 10, no. 3, pp. 3268–3274, 2023.
M. A. Muhyidin, M. A. Sulhan, and A. Sevtiana, “Perancangan Ui/Ux Aplikasi My Cic Layanan Informasi Akademik Mahasiswa Menggunakan Aplikasi Figma,” J. Digit, vol. 10, no. 2, p. 208, 2020, doi: 10.51920/jd.v10i2.171.
M. Taufiqul Hidayat, B. Zaman, and S. Bahri, “Perancangan Ulang User Interface Dan User Experience Pada Aplikasi Ladder Menggunakan Metode Design Thinking,” Jtriste, vol. 9, no. 2, pp. 50–64, 2022, doi: 10.55645/jtriste.v9i2.377.
E. C. Shirvanadi, “Perancangan Ulang UI/UX Situs E-Learning ABC Center Dengan Metode Design Thinking (Studi Kasus: ABC Center),” Peranc. Ulang Ui/Ux Situs E-Learning ABC Cent. Dengan Metod. Des. Think. (Studi Kasus ABC Center), p. 8, 2021, [Online]. Available: https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/34156.
R. A. Yudarmawan, A. A. K. O. Kompiang, and D. M. S. Arsa, “Perancangan User Interface dan User Experience SIMRS pada Bagian Layanan,” J. Ilm. Teknol. dan Komput., vol. 1, no. 2, pp. 222–233, 2020, [Online]. Available: https://www.neliti.com/id/publications/351388/.
M. F. Ardiansyah and P. Rosyani, “Perancangan UI/UX Aplikasi Pengolahan Limbah Anorganik Menggunakan Metode Design Thinking,” Log. J. Ilmu Komput. …, vol. 1, no. 4, pp. 839–853, 2023, [Online]. Available: https://journal.mediapublikasi.id/index.php/logic/article/view/2193.
K. H. Lim and N. Setiyawati, “Perancangan User Experience Aplikasi Mobile Majuli Menggunakan Metode Design Thinking,” J. Inf. Technol. Ampera, vol. 3, no. 2, pp. 108–123, 2022, doi: 10.51519/journalita.volume3.isssue2.year2022.page108-123.
C. Dina Marwah Alfirahmi and D. S. Kania, “Menggunakan Pendekatan Design Thinking,” Dadang Yusup Innov. J. Soc. Sci. Res., vol. 3, no. 3, pp. 219–233, 2023.
L. L. Arifah, A. Meiriza, P. Putra, N. R. Oktadini, and P. E. Sevtiyuni, “Perancangan Sistem Informasi Tender Bokar Menggunakan Metode Design Thinking,” KLIK Kaji. Ilm. Inform. dan Komput., vol. 3, no. 6, pp. 1140–1152, 2023, doi: 10.30865/klik.v3i6.798.
E. Kurniawan, N. Nofriadi, and A. Nata, “Penerapan System Usability Scale (Sus) Dalam Pengukuran Kebergunaan Website Program Studi Di Stmik Royal,” J. Sci. Soc. Res., vol. 5, no. 1, p. 43, 2022, doi: 10.54314/jssr.v5i1.817.
V. Yoga and P. Ardhana, “Evaluasi Usability E-Learning Universitas Qamarul Huda Menggunakan System Usability Scale ( SUS ),” J. Informatics, Electr. Electron. Eng., vol. 2, no. 1, pp. 5–11, 2022.
A. Saputra, “Penerapan Usability pada Aplikasi PENTAS Dengan Menggunakan Metode System Usability Scale (SUS),” JTIM J. Teknol. Inf. dan Multimed., vol. 1, no. 3, pp. 206–212, 2019, doi: 10.35746/jtim.v1i3.50.
DOI: http://dx.doi.org/10.26798/juti.v3i1.1405
Article Metrics
Abstract view : 336 timesPDF - 100 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Eli Pujastuti, Atik Nurmasani, Wiwi Widayani, Lilis Dwi Farida, nur widjiati, Andi Sutra Kusumaningrum