SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENILAIAN KEPUASAN PELANGGAN PADA BENGKEL BUYUNG METODE AHP BERBASIS JAVA

Muhammad Fadhillah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan Sistem Pendukung Keputusan (SPK) berbasis metode Analytical Hierarchy Process (AHP) dalam mengukur tingkat kepuasan pelanggan di Bengekel Buyung. Dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan dan memahami preferensi pelanggan, studi ini memberikan gambaran tentang kepuasan pelanggan melalui pendekatan sistematis yang melibatkan berbagai kriteria dan faktor. Latar belakang penelitian mencakup kompleksitas dalam mengidentifikasi kebutuhan pelanggan dan memahami ekspektasi mereka. Metode AHP digunakan untuk membangun struktur hirarki dan melakukan perbandingan berjenjang terhadap kriteria yang relevan untuk menghasilkan penilaian relatif terhadap kepuasan pelanggan. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan panduan bagi manajemen Bengekel Buyung dalam mengidentifikasi area peningkatan layanan, menciptakan pengalaman positif bagi pelanggan, serta meningkatkan kesetiaan pelanggan dalam jangka Panjang.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26798/juti.v3i2.1001

Article Metrics

Abstract view : 11 times
PDF - 6 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Muhammad Fadhillah

Jurnal Teknologi Informasi

Published by
Fakultas Teknologi Informasi
Universitas Teknologi Digital Indonesia (d.h STMIK AKAKOM)

Jl. Raya Janti (Majapahit) No. 143 Yogyakarta, 55198
Telp. (0274)486664

Website : https://www.utdi.ac.id/

e-ISSN


Creative Commons License

JuTI "Jurnal Teknologi Informasi" 
by Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Teknologi Digital Indonesia 
is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.