SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENILAIAN KEPUASAN PELANGGAN PADA BENGKEL BUYUNG METODE AHP BERBASIS JAVA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan Sistem Pendukung Keputusan (SPK) berbasis metode Analytical Hierarchy Process (AHP) dalam mengukur tingkat kepuasan pelanggan di Bengekel Buyung. Dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan dan memahami preferensi pelanggan, studi ini memberikan gambaran tentang kepuasan pelanggan melalui pendekatan sistematis yang melibatkan berbagai kriteria dan faktor. Latar belakang penelitian mencakup kompleksitas dalam mengidentifikasi kebutuhan pelanggan dan memahami ekspektasi mereka. Metode AHP digunakan untuk membangun struktur hirarki dan melakukan perbandingan berjenjang terhadap kriteria yang relevan untuk menghasilkan penilaian relatif terhadap kepuasan pelanggan. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan panduan bagi manajemen Bengekel Buyung dalam mengidentifikasi area peningkatan layanan, menciptakan pengalaman positif bagi pelanggan, serta meningkatkan kesetiaan pelanggan dalam jangka Panjang.
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.26798/juti.v3i2.1001
Article Metrics
Abstract view : 11 timesPDF - 6 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Muhammad Fadhillah