PELATIHAN DIGITAL ENTERPRENEURSHIP BAGI MAHASISWA EKONOMI SEBAGAI UPAYA MENUMBUHKAN PEMAHAMAN DIGITALISASI
Abstract
Berdasarkan fenomena era revolusi industri 4.0 atau era teknologi saat ini, tuntutan menguasai teknologi sangatlah besar. Seluruh bidang kegiatan manusia mengalami perubahan akibat dari perkembangan teknologi. Salah satu bidang yang menerima arus fenomena ini adalah bidang ekonomi khususnya kewirausaan. Semakin banyaknya toko online yang merebak di dunia maya membuat para pelaku usaha untuk tidak gagap teknologi sehingga dituntut untuk mampu mengoperasikan platform tersebut. Generasi muda intelektual dalam hal ini adalah mahasiswa dituntut tidak hanya menjadi pengguna atau konsumen, namun juga sebagai penjual atau seller pada pengoperasian platform jual beli.
Dari pemaparan tersebut dibutuhkan sebuah pelatihan yang berisikan mengenai pemaparan konsep teoritis digitalisasi pada bidang usaha dan disertai dengan konsep praktis. Tahapan pelatihan mulai dari identifikasi masalah, observasi, pelaksanaan dan diakhiri dengan evaluasi. Dari hasil pre test dan post test rata-rata terdapat peningkatan antara lain kenaikan 5 poin, 10 poin serta 15 poin.
Full Text:
PDFReferences
N. T. Bahtera, R. S. Marjianto, and M. D. Salam, “DIGITAL ENTREPRENEURSHIP TRAINING FOR MICRO, SMALL AND MEDIUM ENTERPRISES (MSMES) FOR TYPICAL CULINARY OF TUBAN REGENCY,” Darmabakti Cendekia: Journal of Community Service and Engagements, vol. 4, no. 1, pp. 31–36, 2022.
F. Rahmawati, A. Rekha, and M. D. Pamungkas, “PELATIHAN DIGITAL ENTREPRENEURSHIP UNTUK MEWUJUDKAN KEMANDIRIAN EKONOMI PADA MASA PANDEMI DI DESA SALAMKANCI,” Jurnal Abdimas Bina Bangsa, vol. 2, no. 2, pp. 280–286, 2021.
Kusnadi and Y. Novita, KEWIRAUSAHAAN. 2020.
N. Srijani, S. Riyanto, D. S. Hariyani, and I. Prastyaningrum, “Pelatihan Kewirausahaan Melalui Kegiatan Digital Entrepreneurship Pada Mahasiswa,” J-ABDI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, vol. 1, no. 8, pp. 1707–1714, 2022.
G. Kurniawan, Buku Referensi KEWIRAUSAHAAN Di Era Revolusi Industri 4.0 OLEH. 2019.
B. H. Situmorang, M. I. Suriansyah, and A. P. Yudha, “Pengembangan Digital Entrepreneurship Bagi Pelaku Industri Rumahan Di Kota Bogor,” JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), vol. 5, no. 6, pp. 3016–3024, 2021.
G. G. Zalzalah and A. I. Basri, “EDUKASI ENTREPRENEURSHIP MELALUI PROGRAM PEMBUATAN PRODUK DAN STRATEGI DIGITAL MARKETING” NUGGET LELE”: Pelatihan Edukasi Entrepreneurship,” Abdimas Nusantara: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, vol. 3, no. 1, pp. 51–61, 2021.
N. S. Rohmah and A. Ashlihah, “Pengaruh Digital Marketing Training Terhadap Kemandirian Dan Entrepreneurship Knowledge Curiosity Dikalangan Mahasiswa Unwaha,” JoEMS (Journal of Education and Management Studies), vol. 4, no. 2, pp. 41–48, 2021.
Wastam Wahyu Hidayat, PENGANTAR KEWIRAUSAHAAN TEORI DAN APLIKASI. Banyumas: penapersada, 2020.
R. Ramadhan and K. Eliyen, “IMPLEMENTASI METODE TOPSIS PADA DECISION SUPPORT SYSTEM UNTUK PENILAIAN MAHASISWA BERBASIS PRESTASI AKADEMIK DAN NON AKADEMIK,” Rabit : Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi Univrab, vol. 7, no. 2, Jul. 2022, doi: 10.36341/rabit.v7i2.2470.
DOI: http://dx.doi.org/10.26798/jpm.v1i2.676
Article Metrics
Abstract view : 449 timesPDF - 358 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Rizal Furqan Ramadhan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JPM is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.