IMPLEMENTASI PENDAFTARAN ONLINE PASIEN RAWAT JALAN BERBASIS WEB DI PUSKESMAS

Hendra Rohman, Annisa Kusuma Wati, Agung Kurniawan

Abstract


Pendaftaran online di Puskesmas Piyungan diimplemtasikan sejak bulan September 2021. Pendaftaran online belum pernah dilakukan evaluasi dan peninjauan. Pendaftaran online yang diimplementasikan tidak banyak masalah yang dihadapi, namun kesadaran masyarakat tentang mendaftar secara online masih sangat rendah. Kegiatan ini melakukan tinjauan implementasi pendaftaran online rawat jalan berbasis web dilihat dari aspek sederhana, partisipatif, berkelanjutan, akuntabel, transparansi, dan keadilan kepada sasaran kegiatan. Metode pengumpulan data kegiatan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Alur pendaftaran online cukup mudah dimengerti dan dipahami. Partisipasi masyarakat dalam pendaftaran secara online masih rendah. Inovasi pendaftaran online belum terpikirkan akan seperti apa inovasi untuk pendaftaran online tersebut. Pendaftaran online sudah adil terhadap pasien lama dan baru karena untuk pasien lama sudah memiliki berkas dan nomor rekam medis, sedangkan untuk pasien baru belum bisa mendaftar secara online karena belum memiliki nomor rekam medis dan harus datang ke puskesmas. Pelayanan terhadap pasien pendaftaran online sudah cepat. Tampilan web pendaftaran online sudah terbuka terdapat tujuan pemeriksaan serta format identitas pasien untuk klinik juga sudah sesuai dengan pelayanan pendaftaran offline. Tinjauan implementasi pendaftaran online pasien rawat jalan berbasis web terdapat 3 aspek yang belum optimal yaitu partisipasi, keberlanjutan, dan transparansi. 3 aspek yang sudah optimal yaitu aspek sederhana, akuntabel, dan keadilan. 


Full Text:

PDF

References


H. Rohman, R. D. Saputra, and U. M. N. Sholihah, “Penyesuaian Kegiatan Pelayanan Dan Pengelolaan Unit Kerja Rekam Medis Selama Masa Pandemi Covid-19 Di Puskesmas,” J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 1, no. 5, pp. 897–904, 2021.

E. Septian, “Penerapan Sistem Pelayanan Aplikasi Pendaftaran Online di Rumah Sakit Umum Pusat Dr. Sardjito Yogyakarta,” Matra Pembaruan, vol. 5, no. 1, pp. 53–64, 2021, doi: 10.21787/mp.5.1.2021.53-64.

E. Puspita, Evaluasi Penerapan Pendaftaran Online Di Rumah Sakit Mata Solo. Surakarta, 2018.

A. A. P. Darwis, N. Yulia, Siswati, and L. Widjaya, “Tinjauan Pelaksanaan Pendaftaran Rawat Jalan Di Puskesmas Ciputat Ciputat Timur Tangerang Selatan,” J. Innov. Res. Knowl., vol. 1, no. 10, 2022.

B. S. Nugroho and D. Hariani, “Inovasi Pendaftaran Online di Rumah Sakit Umum Daerah K.R.M.T Wongsonegoro Kota Semarang ,” J. Public Policy Manag. Rev., vol. 7, no. 2, pp. 590–607, 2018, [Online]. Available: https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jppmr/article/view/20316

F. Nabyla and R. C. Sigitta, “Desain Aplikasi Sistem Pendaftaran Online Menggunakan Smartphone Untuk Meningkatkan Mutu Pelayanan Pada Rumah Sakit,” JOINS (Journal Inf. Syst., vol. 4, no. 2, pp. 168–177, 2019, doi: 10.33633/joins.v4i2.3078.

A. Suprianto and A. A. F. Matsea, “Rancang Bangun Aplikasi Pendaftaran Pasien Online Dan Pemeriksaan Dokter Di Klinik Pengobatan Berbasis Web,” J. Rekayasa Inf., vol. 7, no. 1, pp. 48–58, 2018.

E. Rachmani et al., “Persepsi Pasien di Puskesmas Kota Semarang Terhadap Pendaftaran Online Sebagai Implikasi Smart City,” Visikes, vol. 18, no. 2, pp. 1–8, 2020, [Online]. Available: http://publikasi.dinus.ac.id/index.php/visikes/article/view/3679

Herlinawati, L. Banowati, and D. Revilia, “Tingkat Kepuasan Masyarakat Terhadap Pendaftaran Online Pada Aplikasi Mobile JKN,” Heal. Care J. Kesehat., vol. 10, no. 1, pp. 78–84, 2021, doi: 10.36763/healthcare.v10i1.114.

S. Y. Gunawan and D. C. P. Buani, “Sistem Informasi Pendaftaran Pasien Secara Online Pada Puskesmas Citeureup,” Penelit. Mandiri 2021, vol. 3, no. 1, 2021.

A. Aprilia Tri, “Hubungan Pendaftaran Online Dan Offline Dengan Kepuasan Pasien,” J. Surya, vol. 1, no. 2, pp. 1–9, 2020.

N. Sa’idah, “Analisis Penggunaan Sistem Pendaftaran Online (E-Health) Berdasarkan Unified Theory Of Accepptance And Use Of Technology (UTAUT),” J. Adm. Kesehat. Indones., vol. 5, no. 1, 2017.

E. Hidayati, I. R. R. Putri, and S. Yudha, Perbedaan Tingkat Kepuasan Pelanggan Terhadap Sistem Pendaftaran Online Dan Sistem Pendaftaran Langsung Di Instalasi Rawat Jalan Rsup Dr. Sardjito Yogyakarta. Yogyakarta: Universitas Alma Ata.

N. D. Astuti, K. Adi, and A. Suryoputro, “Analisis Penerimaan Sistem Pendaftaran Online Puskesmas Menggunakan TAM2 dan UTAUT,” J. Manaj. Inf. Kesehat. Indones., vol. 8, no. 2, pp. 2337–585, 2020.

A. E. Pramono, M. F. Salim, and A. Wijayanti, “Studi Kasus Pelayanan Rekam Medis Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Puskesmas Gondokusuman II Kota Yogyakarta,” J. Ilm. Perekam Dan Inf. Kesehat. Imelda, vol. 7, no. 1, pp. 24–34, 2022.




DOI: http://dx.doi.org/10.26798/jpm.v1i1.572

Article Metrics

Abstract view : 4884 times
PDF - 4869 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Hendra Rohman, Annisa Kusuma Wati, Agung Kurniawan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT -
TEKNOLOGI DIGITAL INDONESIA

Published by
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Universitas Teknologi Digital Indonesia (d.h STMIK AKAKOM)
Jl. Raya Janti Jl. Majapahit No.143, Jaranan, Banguntapan,
Kec. Banguntapan, Kabupaten Bantul,
Daerah Istimewa Yogyakarta 55918

Creative Commons License

JPM is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.