MEMBANGKITKAN SEMANGAT DAN KREATIF DALAM BERWIRAUSAHA DENGAN MEMANFAATKAN TEKNOLOGI DIGITAL DI DUSUN KLORON RT.04 KELURAHAN SEGOROYOSO PLERET BANTUL D.I.YOGYAKARTA

Susatyo Herlambang, Subandi Subandi, Wilis Fahlefi, Mursyid Mursyid

Abstract


Pengabdian kepada masyarat ini bertujuan untuk membahas mengenai kewirausahan dengan konsep dan ide baru serta peluang dan tantangan dalam pemasaran menggunakan teknologi digital.Setelah dilakukan pembahasan didapat bahwa pemasaran digital memiliki hubungan yang sangat erat dengan kewirausahaan, dimana kedua item tersebut memiliki target yang sama. Pemasaran digital merupakan bagian dari aktifitas kewirausahaan. Pemasaran digital memiliki peluang yang sangat besar dalam pengembangan dunia usaha mulai saat ini hingga dimasa depan dimana target pasar sudah bertransformasi ke platform digital. Sedangkan tantangan yang harus dihadapi oleh dunia usaha ketika melaksanakan pemasaran digital yaitu kesiapan dari segi sumber daya manusia dan sumber daya keuangan dalam mendukung kegiatan pemasaran secara digital

Full Text:

PDF

References


Marti’ah, S. ,”Kewirausahaan Berbasis Teknologi (Technopreneurship) dalam Perspektif Ilmu Pendidikan”. Edutic - Scientific Journal of Informatics Education, 3(2), 75–82 ,2017.

Fachrurazi dan Ita Nurcholifah, “Kewirausahaan (Teori dan Praktek)”. September.,2021.

Rindrayani, S. R, “Strategi pengembangan umkm melalui pembelajaran kewirausahaan sebagai penggerak ekonomi Indonesia”, 2017.

Wahyuni, A., & Sukirno, S, “Analisis Perbandingan Kinerja Keuangan Perbankan ASEAN (Studi Pada Bank Umum Indonesia, Thailand dan Filipina). Nominal: Barometer Riset Akuntansi Dan Manajemen”, 5(2), 1–5, 2016.

Bawono, I. R. “Optimalisasi potensi desa di Indonesia. Gramedia Widiasarana Indonesia”, 2019.

Perekonomian, K. K. B., & Indonesia, R, “Dukungan Pemerintah Bagi UMKM Agar Pulih di Masa Pandemi”. https://www.ekon.go.id/publikasi/detail/2939/dukungan-pemerintah-bagi-umkm-agar-pulih-di-masa-pandemi, 2021.

Dalimunte, R. P., Paramita, H., & Adilla, S, “Tantangan Komunikasi Baru Digital dan Revolusi Industri 4.0. Prosiding Konferensi Nasional Komunikasi”, 2(01), 789–794,2018

Perdani, M. D. K., Widyawan, S., & Paulus, I,”Faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan startup di Yogyakarta”. Seminar Nasional Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 337–349, 2018

Telagawathi, N., Suci, N. M., & Heryanda, K. K, “Implikasi kewirausahaan terhadap digitalisasi ekonomi dan ekonomi kemanusiaan UMKM kerajinan tenun di Provinsi Bali.” MIX: Jurnal Ilmiah Manajemen, 11(2), 2021.




DOI: http://dx.doi.org/10.26798/jpm.v2i1.868

Article Metrics

Abstract view : 424 times
PDF - 427 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Susatyo Herlambang, Subandi Subandi, Wilis Fahlefi, Mursyid Mursyid

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT -
TEKNOLOGI DIGITAL INDONESIA

Published by
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Universitas Teknologi Digital Indonesia (d.h STMIK AKAKOM)
Jl. Raya Janti Jl. Majapahit No.143, Jaranan, Banguntapan,
Kec. Banguntapan, Kabupaten Bantul,
Daerah Istimewa Yogyakarta 55918

Creative Commons License

JPM is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.