PELATIHAN PEMBUATAN VIDEO PEMBELAJARAN BAGI GURU TK SANG TIMUR YOGYAKARTA

Y Yohakim Mawarta, Rikie Kartadie

Abstract


Berdasarkan identifikasi, permasalahan yang dihadapi oleh mitra adalah: Keterbatasan SDM, saat ini TKK
sang timur tidak memiliki guru dengan latar belakang pendidikan informatika sehingga untuk kepentingan
yang berhubungan dengan pengoperasian computer dan pendidikan computer guru belajar secara auto
didak berdasarkan kemampuan masing-masing sehingga jika mengalami kendala belum ada yang bisa
memberikan solusi secara cepat. Sedikitnya jumlah Guru yang memiliki kemampuan di bidang teknologi
informasi.
Melalui pengabdian ini akan diberikan pelatihan untuk menambah pengetahuan khusunya yang berhu-
bungan dengan pemanfaatan aplikasi computer yang saat ini dimiliki oleh TKK Sang Timur Yogyakarta.
Langkah-langkah menyelesaikan permasalahan adalah sebagai berikut: Melakukan identifikasi potensi,
melakukan analisis kebutuhan Mitra, membuat rencana kerja atau kegiatan yang akan diterapkan, mela-
kukan pelatihan: yaitu pelatihan editing video dengan AVS Video Editor, dan monitoring dan Evaluasi.
Pada PKM ini akan mendukung pendampingan penggunaan aplikasi Editing Video bagi Mitra. Luaran dari
pendampingan yang akan dilakukan adalah meningkatnya penguasaan Teknologi Informasi bagi guru
khususnya untuk membuat materi-materi pembelajaran yang berhubungan dengan pemanfaatan video.


Full Text:

PDF

References


Agarina M, Sutedi S, Karim AS, Septarina L. Pelatihan Pembuatan Dan Editing Video Pembelajaran Daring

Dengan Pemanfaatan Aplikasi Kinemaster Bagi Guru SDIT di Lampung. InProsiding Seminar Nasional

Darmajaya 2021 Sep 8 (Vol. 1, pp. 7-12).

Hadi, S. Efektivitas Penggunaan Video Sebagai Media Pembelajaran Untuk Siswa Sekolah Dasar. Seminar

Nasional Teknologi Pembelajaran Dan Pendidikan Dasar, 2017, 96–102.

UNNES. (n.d.). Tujuan Penggunaan Media Pembelajaran. Retrieved October 24, 2020, from

https://sites.google.com/a/students.unnes.ac.id/pus/page-1/tujuan-penggunaan-mediapembelajaran

S. Syaparuddin and E. Elihami, “PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI VIDEO PADA

PEMBELAJARAN PKn DI SEKOLAH PAKET C”, JENFOL, vol. 1, no. 1, pp. 187-200, Jun. 2019.

D. Winder, “AVS Video Editor review,” Alphr, Oct. 2007, Accessed: Mar. 22, 2022. [Online]. Available:

http://www.alphr.com/software/26824/avs-video-editor-review.

“AVS Video Editor 4.1 Editorial review,” software.informer.com, Accessed: Mar. 22, 2022. [Online]. Available:

http://avs-video-editor.software.informer.com/4.1/.

Astriawati N. Development of interactive media based on videoscribe with realistic mathematics education

approach to navigation. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika. 2020 Dec 21;6(3):321-33.

Guslinda SP, Kurnia R. Media pembelajaran anak usia dini. Jakad Media Publishing; 2018 Sep 20.

AJAR B, PPG PP. Media pembelajaran anak usia dini.2010.

Susanti MD. Pemanfaatan Media Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Anak Tk. Jurnal Pendidikan Anak.

Dec 19;4(2).




DOI: http://dx.doi.org/10.26798/jpm.v1i1.563

Article Metrics

Abstract view : 469 times
PDF - 400 times

Refbacks



Copyright (c) 2022 Y Yohakim Mawarta, Rikie Kartadie

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT -
TEKNOLOGI DIGITAL INDONESIA

Published by
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Universitas Teknologi Digital Indonesia (d.h STMIK AKAKOM)
Jl. Raya Janti Jl. Majapahit No.143, Jaranan, Banguntapan,
Kec. Banguntapan, Kabupaten Bantul,
Daerah Istimewa Yogyakarta 55918

Creative Commons License

JPM is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.