PENDAMPINGAN EKONOMI DIGITAL UMKM BINAAN DINAS KOPERASI DAN UKM KOTA SALATIGA DENGAN PLATFORM ONLINE

Ariella Kristiahadi, Dina Rohhiasta Purba, Gerald Chavien Chornelius Samaloysa, Sotya Fevriera, Angelita Titis Pertiwi

Abstract


Optimalisasi penjualan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) melalui ekonomi digital dengan memanfaatkan platform online telah menjadi strategi penting dalam meningkatkan daya saing dan keberlanjutan bisnis di era digital saat ini. Dengan mengadopsi teknologi digital, UMKM dapat mengakses berbagai alat pemasaran, seperti media sosial dan marketplace yang memungkinkan mereka untuk berinteraksi langsung dengan konsumen serta mempromosikan produk secara lebih efektif. Pengabdian masyarakat ini ditujukan untuk 3 UMKM binaan Dinas Koperasi Kota Salatiga dengan tujuan untuk membantu promosi penjualan produk UMKM tersebut secara optimal, baik melalui media sosial maupun marketplace. Hasilnya, ketiga UMKM menunjukan peningkatan keterampilan dalam hal pemasaran digital. Program ini diharapkan mampu membantu para UMKM mengembangkan bisnis UMKM dan pada akhirnya mendukung perekonomian yang ada di Salatiga.

Full Text:

PDF

References


S. R. Prasetya, R. A. Rivai, M. B. Y. Hutama, D. A. Rama, and D. F. Agata, “Pemanfaatan Online Food Delivery (Shopee Food Dan Gofood) Dalam Pemasaran Dan Penjualan Produk UMKM Di Gunung Anyar Tambak,” Jurnal Pengabdian Bersama Masyarakat Indonesia, vol. 1, no. 3, p. 24, 2023, doi: 10.59031/jpbmi.v1i3.180.

P. Trulline, “Pemasaran Produk UMKM melalui Media Sosial dan E-commerce,” Jurnal Manajemen Komunikasi, vol. 5, no. 2, pp. 259–279, 2021, doi: 10.24198/jmk.v5i2.32746.

K. Darmaningrum, S. Wijiastuti, and D. A. K. Puspitasari, “Digital Marketing Sebagai Solusi Pemasaran UMKM di Kota Surakarta,” in Prosiding Seminar Nasional Dies Natalis UTP Surakart, Surakarta: Universitas Tunas Pembangunan (UTS), Aug. 2021, pp. 146–154. doi: 10.36728/semnasutp.v1i01.22.

Fujiyama, “Pentingnya Media Sosial dalam Pemasaran Produk di Era Digital,” Universitas Telkom Surabaya. Accessed: Dec. 08, 2024. [Online]. Available: https://surabaya.telkomuniversity.ac.id/pentingnya-media-sosial-dalam-pemasaran-produk-di-era-digital/

B. D. Saraswati, S. Fevriera, A. T. Pertiwi, M. S. Jati, G. Sasongko, and Y. Wahyudi, “Kegiatan Edukasi Keuangan Digital dan Pengelolaan Keuangan untuk Meningkatkan Kesejahteraan Keuangan UMKM di Kota Salatiga,” Dimaseka: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Ekonomi dan Sosial Humaniora, vol. 2, no. 2, pp. 1–8, 2024, Accessed: Feb. 22, 2025. [Online]. Available: https://journals.unikal.ac.id/index.php/dimaseka/article/view/197

D. Esvandi, “UMKM Perlu Adaptasi dengan Teknologi untuk Bersaing di Pasar Lokal dan Global,” TribunNews.com, Nov. 29, 2024. Accessed: Feb. 22, 2025. [Online]. Available: https://www.tribunnews.com/new-economy/2024/11/29/umkm-perlu-adaptasi-dengan-teknologi-untuk-bersaing-di-pasar-lokal-dan-global

A. Fauzi, “Pentingnya Adaptasi Digital untuk Kemajuan UMKM,” Kedaulata Rakyat, Dec. 29, 2023. Accessed: Feb. 22, 2025. [Online]. Available: https://www.utdi.ac.id/terbitan/103/pentingnya-adaptasi-digital-untuk-kemajuan-umkm

M. M. H. L. Tobing, “Pelaku UMKM Harus Beradaptasi Hadapi Tantangan di Era Digital,” RRI.co.id, Oct. 03, 2024. Accessed: Feb. 22, 2025. [Online]. Available: https://www.rri.co.id/umkm/1020844/pelaku-umkm-harus-beradaptasi-hadapi-tantangan-di-era-digital

G. Godwin, S. R. P. Junaedi, M. Hardini, and S. Purnama, “Inovasi Bisnis Digital untuk Mendorong Pertumbuhan UMKM melalui Teknologi dan Adaptasi Digital,” Abdi Jurnal: Adi Bisnis Digital Interdisiplin Jurnal, vol. 5, no. 2, 2024, doi: 10.34306/abdi.v5i2.1172.




DOI: http://dx.doi.org/10.26798/jpm.v4i2.1898

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Ariella Kristiahadi, Dina Rohhiasta Purba, Gerald Chavien Chornelius Samaloysa, Sotya Fevriera, Angelita Titis Pertiwi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT -
TEKNOLOGI DIGITAL INDONESIA

Published by
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Universitas Teknologi Digital Indonesia (d.h STMIK AKAKOM)
Jl. Raya Janti Jl. Majapahit No.143, Jaranan, Banguntapan,
Kec. Banguntapan, Kabupaten Bantul,
Daerah Istimewa Yogyakarta 55918

Creative Commons License

JPM is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.