PEMANFAATAN CHATGPT DALAM PEMBELAJARAN SECARA OPTIMAL DI SMK AL-BASTHOMI LOCERET NGANJUK
Abstract
Pelatihan yang diadakan secara online ini bertujuan untuk mengoptimalkan pemanfaatan Artificial Intellegence yang akhir-akhir ini semakin marak digunakan. Salah satu yang sering digunakan adalah produk dari OpenAI.com berupa aplikasi ChatGPT yang dapat diakses secara massif yang banyak digunakan dalam dunia pendidikan. Sering terjadi penggunaannya tidak optimal dikarenakan memasukkan nilai pada prompt tidak detail atau tidak spesifik yang menyebabkan hasil dari ChatGPT tidak sesuai. Ada beberapa prinsip prompt ChatGPT yang disingkat dengan KOPELAJANGAN yaitu terdiri dari : Konteks, Peran, Larangan, Panjang dan Tambahan. Dalam Pelatihan ini dijelaskan secara detail bagaimana menerapkan prinsip tersebut di depan guru SMK Al-Bashtomi Loceret Nganjuk dengan tujuan peserta yang sebagian besar adalah pengajar dapat menerapkannya untuk mengoptimalkan strategi pembelajaran, memangkas waktu untuk tugas adiministratif dan menumbuhkan lingkungan belajar yang lebih menarik serta inovatif bagi siswa. Pelatihan dilaksanakan secara online dikarenakan jarak yang lumayan jauh dengan Institut Teknologi dan Bisnis Asia Malang dengan mitra, dan diharapkan dengan online peserta dapat melihat jelas pemaparan secara teknis dari pembicara dan bertanya langsung ke pembicara jika mengalami kendala dalam pelatihan. Di akhir pelatihan ada 33 orang peserta memberikan penilaian manfaat dari pelatihan ini yang dapat dilihat pada artikel.
Full Text:
PDFReferences
E. S. Eriana and A. Zein, Artificial Intelligence. Eureka Media Aksara, 2023.
A. Setiawan and U. K. Luthfiyani, “Penggunaan ChatGPT Untuk Pendidikan di Era Education 4.0: Usulan Inovasi Meningkatkan Keterampilan Menulis,” J. PETISI (Pendidikan Teknol. Informasi), vol. 4, no. 1, pp. 49–58, 2023, doi: 10.36232/jurnalpetisi.v4i1.3680.
M. Sony Maulana, Nurmalasari, S. Rheno Widianto, S. Dewi Ayu Safitri, and R. Maulana, “Pelatihan Chat Gpt Sebagai Alat Pembelajaran Berbasis Artificial Intelligence Di Kelas,” J. Penelit. dan Pengabdi. Masy. Jotika, vol. 3, no. 1, pp. 16–19, 2023, doi: 10.56445/jppmj.v3i1.103.
R. et al. Saragih, “Pelatihan ChatGPT Sebagai Alat Bantu Belajar Mandiri Bagi Pelajar di Desa Kandangserang Kabupaten Pekalongan,” J. Abdimas Tgd, vol. 2, no. 1, pp. 19–23, 2022.
A. Harmin, D. Moeis, and N. Usman, “Pelatihan pemanfaatan chatGPT untuk efektivitas belajar dan penyelesaian tugas akademis siswa-siswi di SMK Muhammadiyah 3 Makassar,” SELAPARANG J. Pengabdi. Masy. Berkemajuan, vol. 8, pp. 499–507, 2024.
A. Birkett, “Survey Response Scales: How to Choose the Right One for your Questionnaire,” CXL, 2022. https://cxl.com/blog/survey-response-scales/
N. Intan, “Skala Pengukuran: Pengertian, Jenis dan Contoh [Terbaru],” Deepublish Store, 2022. https://deepublishstore.com/blog/skala-pengukuran-data-dalam-penelitian/
W. Budiaji, “The Measurement Scale and The Number of Responses in Likert Scale,” J. Ilmu Pertan. dan Perikan. Desember, vol. 2, no. 2, pp. 127–133, 2013, doi: 10.31227/osf.io/k7bgy.
OpenAI company, “Open AI.” https://openai.com/chatgpt/ (accessed Jul. 01, 2024).
P. D. Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta Bandung, 2014.
DOI: http://dx.doi.org/10.26798/jpm.v3i2.1450
Article Metrics
Abstract view : 64 timesPDF - 30 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Rina Dewi Indahsari, Titania Dwi Andini, Setyorini ., Abdulloh Eizzi Irsyada, Jaenal Arifin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JPM is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.