PENDAMPINGAN DIGITAL MARKETING SEBAGAI SOLUSI PEMASARAN BISNIS BAGI MASYARAKAT

Febri Nova Lenti, Basuki Heri Winarno, Erna Hudianti Pujiarini

Abstract


Majelis Zikir Bantul berlokasi di Trirenggo, Kec. Bantul, Kab. Bantul, DIY. Saat ini memiliki 78 orang  jamaah yang sebagian besar memiliki pekerjaan sebagai perajin, pengusaha kecil menengah, petani, karyawan, tukang dan pegawai negeri. Majelis zikir Bantul dibawah Yayasan Abdul Khalik Fajduani (YAKF) adalah sebuah organisasi dakwah yang berlokasi di kec Bantul kab Bantul DIY yang sebagian besar jamaahnya adalah pelaku usaha seperti pembuat kusen dan mebel, jasa catering dan makanan, petani, pedagang, tukang. Organisasi ini memiliki program Majelis Ilmu yang diadakan setiap seminggu sekali dengan materi materi yang tidak terbatas pada ilmu agama tetapi juga materi life skill yang dirasa bermanfaat untuk membantu peningkatan ekonomi jamaahnya. Banyak anggota Jamaah Majelis Zikir yang memiliki usaha kecil dan menengah, namun, banyak anggota jamaah yang masih menggunakan metode pemasaran tradisional, yang membatasi jangkauan dan efektivitas pemasaran mereka Keterbatasan ini sering kali mengakibatkan rendahnya visibilitas produk dan kurangnya pemahaman tentang strategi pemasaran yang efektif.

Metode pengabdian yang dapat dilakukan meliputi : 1)identifikasi kebutuhan, 2)Pelatihan dan workshop, 3)Pendampingan praktis, dan 4)Pembuatan materi promosi.

Hasil dan ketercapaian sasaran yang diharapkan berupa 1) peningkatan pengetahuan digital marketing dengan ditunjukkan sebanyak 80% anggota jamaah yang mengikuti pelatihan menunjukkan peningkatan pemahaman tentang konsep dasar digital marketing, termasuk SEO, media sosial, dan konten pemasaran, 2) keterampilan praktis ditunjukkan dengan adanya sekitar 75% peserta dapat menjalankan kampanye sederhana dengan bimbingan, 3)tercipta lebih dari 40 materi promosi, termasuk poster dan brosur, yang dirancang oleh anggota jamaah. Hal ini meningkatkan kualitas dan daya tarik produk yang ditawarkan, 4)setelah implementasi digital marketing, beberapa anggota mengalami peningkatan visibilitas produk mereka di media sosial, dengan rata-rata interaksi (like, komentar, dan share) meningkat hingga 60%.


Full Text:

PDF

References


J. L. d. S. Draper, Digital Marketing Essentials, Boston, MA, USA: Pearson, 2021.

T. M. Siebel, Digital Transformation: Survive and Thrive in an Era of Mass Extinction, New York, NY, USA: RosettaBooks, 2020.




DOI: http://dx.doi.org/10.26798/jpm.v3i2.1446

Article Metrics

Abstract view : 52 times
PDF - 33 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Erna Hudianti Pujiarini, Febri Nova Lenti, Basuki Heri Winarno

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT -
TEKNOLOGI DIGITAL INDONESIA

Published by
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Universitas Teknologi Digital Indonesia (d.h STMIK AKAKOM)
Jl. Raya Janti Jl. Majapahit No.143, Jaranan, Banguntapan,
Kec. Banguntapan, Kabupaten Bantul,
Daerah Istimewa Yogyakarta 55918

Creative Commons License

JPM is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.